Siapa Penemu Resep Minuman Coca-Cola?

Ilustrasi/okezone.com
Penemu resep minuman Coca-Cola adalah seorang apoteker bernama John Stith Pemberton. John Pemberton lahir pada 8 Juli 1831 di Knoxville, Georgia, Amerika Serikat. Sebelum menemukan Coca-Cola, Pemberton memulai kariernya sebagai ahli farmasi dan dokter gigi. Dia memperoleh gelar keahlian farmasi pada tahun 1850, dan kemudian memperdalam pengetahuannya dengan belajar kedokteran di sekolah kedokteran di Philadelphia.

Pada tahun 1860-an, Pemberton pindah ke Atlanta, Georgia, tempat dia membuka apotek dan mulai bekerja sebagai apoteker dan dokter gigi. Di sana, ia mulai tertarik pada penelitian tentang obat-obatan dan ramuan-ramuan. 

Selama Perang Saudara Amerika, Pemberton bertugas sebagai letnan kolonel dalam Tentara Konfederasi. Dia terluka dalam pertempuran, dan mulai mengandalkan opiat untuk meredakan nyeri kronis yang dideritanya akibat luka-luka perang.

Dorongan untuk menemukan obat alternatif yang efektif tanpa efek samping berbahaya mendorong Pemberton untuk mengembangkan minuman yang kemudian menjadi Coca-Cola. 

Pada tahun 1885, Pemberton mulai bereksperimen dengan berbagai bahan alami di laboratorium kecilnya di Atlanta. Dia mencampur ekstrak daun koka (yang mengandung kokain pada waktu itu) dengan biji kola, gula, air berkarbonasi, dan berbagai bahan lain untuk menciptakan formula yang ia sebut "Pemberton's French Wine Coca".

Pada tahun 1886, kota Atlanta melarang penjualan minuman beralkohol, termasuk Pemberton's French Wine Coca. Untuk tetap bersaing di pasar, Pemberton menghapus alkohol dari formula minuman tersebut dan menggantinya dengan gula, sirup, dan ekstrak berkarbonasi. Dia juga mengubah nama minuman ini menjadi "Coca-Cola", yang terinspirasi dari dua bahan utamanya, daun koka dan biji kola.

Pemberton awalnya menjual Coca-Cola sebagai obat penenang saraf dan tonik untuk meredakan nyeri. Dia mendistribusikannya ke apotek dan toko-toko obat di Atlanta. 

Awalnya, penjualan Coca-Cola cukup lambat, tetapi minuman ini mulai mendapat popularitas setelah diakuisisi oleh sekelompok pengusaha yang dipimpin oleh Asa Candler pada tahun 1892. Candler melihat potensi besar dalam minuman ini, dan mulai mempromosikannya secara agresif dengan strategi pemasaran yang inovatif untuk waktu itu.

Meskipun Pemberton adalah orang yang menemukan resep awal Coca-Cola, dia tidak dapat melihat kesuksesan besar minuman ini. Pada tahun 1888, Pemberton mengalami masalah kesehatan yang serius dan kemudian meninggal dunia pada tahun berikutnya. Hak atas Coca-Cola dijual kepada Candler, yang kemudian membangun perusahaan Coca-Cola menjadi salah satu merek minuman paling ikonik di dunia.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 4071249832633389397

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item