Apakah Jeanne d'Arc Sama dengan Joan of Arc?

Ilustrasi/nationalgeographic.com
Ya, Jeanne d'Arc dan Joan of Arc adalah orang yang sama. Jeanne d'Arc adalah nama dalam bahasa Prancis, sedangkan Joan of Arc adalah nama dalam bahasa Inggris untuk sosok yang sama. Dia juga dikenal dengan julukan "The Maid of Orleans" (Gadis dari Orleans) dalam bahasa Inggris. Jeanne d'Arc adalah tokoh bersejarah yang terkenal karena perannya dalam Perang Seratus Tahun antara Inggris dan Prancis pada abad ke-15.

Jeanne d'Arc lahir pada tahun 1412 di sebuah desa bernama Domrémy di wilayah timur laut Prancis. Pada usia remaja, dia mendengar suara-suara surgawi yang menginstruksikannya untuk menyelamatkan Prancis dari invasi Inggris, dan membantu mengangkat Dauphin (putra mahkota Prancis) sebagai raja. Dipercaya bahwa suara-suara tersebut berasal dari para santo dan malaikat.

Pada usia 17 tahun, Jeanne d'Arc berhasil mendapatkan pertemuan dengan Dauphin, yang kemudian menjadi Raja Charles VII. Dalam pertemuan tersebut, dia meyakinkan Raja untuk memberinya pasukan dan membantunya merebut kembali kota Orleans dari tangan Inggris yang telah mengepungnya. Dengan bendera putih yang terkenal dan keberanian yang menginspirasi, Jeanne d'Arc memimpin pasukan Prancis dalam pertempuran, dan berhasil membebaskan Orleans pada tahun 1429.

Setelah kemenangan di Orleans, Jeanne d'Arc melanjutkan serangkaian kemenangan militer lain, yang membantunya mendapatkan pengaruh signifikan dalam Perang Seratus Tahun. 

Namun, pada tahun 1430, dia ditangkap oleh pasukan Burgundy, yang kemudian menyerahkannya ke tangan Inggris. Dia diadili atas tuduhan bid'ah, penyembahan setan, dan pengkhianatan terhadap gereja. Pada tahun 1431, Jeanne d'Arc dijatuhi hukuman mati dan dibakar di tiang pancang di Rouen, Prancis.

Jeanne d'Arc dihormati sebagai santo dalam Gereja Katolik, dan pada tahun 1920 dikanonisasi menjadi Santa Jeanne d'Arc oleh Paus Benediktus XV. Keberanian dan pengaruhnya dalam sejarah membuatnya menjadi salah satu figur paling terkenal dan dikagumi di dunia.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 4243995257603534179

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item