Mengapa Ukuran Standar Kertas adalah Kuarto dan Folio?

Ilustrasi/instaprint.id
Ukuran standar kertas seperti kuarto dan folio memiliki sejarah dan kegunaan tertentu yang mencerminkan perkembangan dan kebutuhan dalam dunia percetakan dan dokumen bisnis. Berikut penjelasan mengapa ukuran standar seperti kuarto dan folio menjadi umum:

Asal mula dan sejarah

Ukuran standar kertas seperti kuarto dan folio memiliki akar sejarah yang berasal dari Eropa dan Abad Pertengahan. Pada masa itu, pembuatan kertas dan proses percetakan buku berkembang pesat di benua Eropa. Ukuran kertas standar berasal dari praktik para tukang cetak yang menggunakan berbagai ukuran kertas berdasarkan potongan tertentu dari sehelai kertas besar yang dihasilkan.

Kuarto (Quarto)

Kuarto memiliki ukuran sekitar seperempat dari sehelai kertas standar awal yang digunakan pada abad pertengahan. Kuarto dihasilkan dengan memotong sehelai kertas menjadi empat bagian yang lebih kecil, menciptakan lembaran kuarto yang lebih mudah diolah dan digunakan untuk percetakan buku. Ukuran kuarto kemudian menjadi standar untuk buku-buku dan dokumen bisnis.

Folio

Folio berasal dari kata Latin, "folium", yang berarti "daun". Ukuran folio adalah setengah dari ukuran standar asal, menciptakan lembaran kertas yang lebih besar, dan cocok untuk buku-buku yang lebih besar dan dokumentasi yang lebih besar. 

Folio digunakan untuk karya-karya seni atau karya sastra yang lebih bergengsi, dan sering kali ditempatkan secara horizontal untuk memberikan ruang yang lebih besar untuk ilustrasi atau tulisan.

Penggunaan dan penyebaran

Kuarto dan folio menjadi ukuran standar yang umum digunakan dalam percetakan dan pembuatan buku di seluruh Eropa pada abad ke-16 hingga abad ke-19. Pada masa itu, proses pencetakan manual dan penggunaan mesin cetak dimulai, dan ukuran standar memudahkan pengelolaan dan pertukaran format di antara berbagai percetakan dan penerbit.

Evolusi ke ukuran modern

Meskipun kuarto dan folio menjadi ukuran standar selama beberapa abad, perkembangan teknologi percetakan dan kebutuhan bisnis yang berkembang membawa perubahan pada ukuran kertas standar. Pada abad ke-20, ukuran kertas seperti A4 dan Letter jadi lebih umum digunakan, terutama di Amerika Utara dan Eropa.

Kepopuleran dalam bisnis dan administrasi

Meskipun ukuran kuarto dan folio mungkin tidak seumum dulu, namun masih digunakan dalam beberapa konteks bisnis dan administrasi di beberapa negara. Misalnya, di Spanyol dan beberapa negara Amerika Latin, kuarto masih digunakan sebagai ukuran standar untuk surat resmi dan dokumen administratif.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 7337644204174811151

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item