Apa Itu Solifugae, dan Apakah Berbahaya?

Ilustrasi/critter.science
Solifugae, juga dikenal sebagai sun spiders, wind scorpions, atau camel spiders, adalah ordo dari arachnida, yang termasuk dalam kelas Arachnida. Meskipun sering disebut "camel spiders", mereka sebenarnya bukan laba-laba atau kalajengking. 

Solifugae memiliki ciri-ciri fisik yang khas, seperti dua runcing chelicerae yang digunakan untuk mencabik mangsa, serta sepasang runcing pedipalpi yang berfungsi sebagai alat penggali dan alat sensor.

Mereka adalah makhluk pemangsa yang cukup agresif dan cepat dalam mencari mangsa, yang terutama terdiri dari serangga dan invertebrata kecil lainnya. Solifugae ditemukan di berbagai habitat, terutama daerah beriklim hangat dan gurun, tetapi juga dapat ditemukan di wilayah lain di seluruh dunia.

Meskipun terlihat menakutkan dan sering kali jadi bahan legenda urban dan mitos, Solifugae sebenarnya tidak berbahaya bagi manusia, kecuali dalam beberapa kasus di mana mereka merasa terancam, dan menggigit sebagai pertahanan. Gigitan mereka biasanya tidak berbahaya, meskipun dapat menyebabkan sedikit rasa sakit dan iritasi.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Fauna 5307075084854179295

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item