Apa Itu Jamur Elfcup (Aleuria Aurantia)?

Ilustrasi/wikipedia.org
Jamur elfcup, juga dikenal dengan nama ilmiah "Aleuria aurantia", adalah jenis jamur ascomycete yang memiliki bentuk dan warna sangat mencolok. 

Jamur elfcup dikenal karena cangkir-cangkir berbentuk seperti cawan yang mereka hasilkan, yang biasanya memiliki warna oranye hingga oranye terang yang mencolok. Cangkir-cangkir ini muncul di permukaan tanah atau substrat yang mengandung bahan organik busuk, seperti daun-daunan atau kayu lapuk.

Jamur elfcup adalah salah satu dari banyak jamur yang termasuk dalam keluarga Helotiaceae. Mereka dapat ditemukan di berbagai wilayah di seluruh dunia, biasanya di musim gugur hingga musim semi. Jamur ini dikenal sebagai "jamur elfcup" karena bentuknya yang menyerupai cangkir, yang mungkin digunakan oleh makhluk mitologis seperti peri atau elf.

Meskipun tidak beracun, jamur elfcup umumnya tidak dianggap sebagai jamur yang cocok untuk dimakan, dan lebih sering ditemukan dalam konteks pengamatan alam atau identifikasi jamur daripada dalam masakan. Walaupun demikian, jamur ini memiliki daya tarik estetika yang kuat karena warnanya yang cerah dan bentuk cangkir yang indah, sehingga sering dicari oleh para pencinta jamur dan fotografer alam.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Flora 7912075829958466891

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item