Nabi Adam dan Manusia Purba Duluan Mana?

Ilustrasi/viva.co.id
Nabi Adam adalah awal manusia [atau manusia pertama], menurut ajaran agama. Sementara manusia purba adalah awal manusia, menurut sains. Agama dan sains adalah dua jalan berbeda, yang dipisahkan oleh “dinding”. Dan “dinding” itu ada di dalam diri orang-orang—mungkin termasuk kita.

Menurut ajaran agama, manusia diciptakan secara utuh, bahkan sempurna sebagai manusia, berbentuk [Nabi] Adam, yang kemudian berpasangan dengan Hawa, dan mereka beranak-pinak, sampai ke generasi kita. Itulah manusia pertama di Bumi, menurut ajaran agama [Islam, Kristen, Yahudi].

Sedangkan menurut sains, manusia adalah makhluk hidup hasil evolusi. Sosok yang kita sebut “manusia purba” adalah nenek moyang kita, dan manusia purba juga punya nenek moyang lain—entah sejauh mana, ke masa sekitar 3 juta tahun yang lalu, merujuk pada Australopithecus afarensis.

Australopithecus afarensis adalah sosok yang diduga banyak ilmuwan sebagai nenek moyang awal makhluk yang sekarang kita sebut manusia (Homo sapiens). Tapi sosok Australopithecus afarensis jauh berbeda dengan manusia yang kita kenal sekarang. 

Bagaimana kita tahu fakta itu?

Karena ada temuan arkeologis, berupa kerangka yang disebut “Lucy”, yang hidup pada 3,18 juta tahun lalu. Wujud Lucy mirip kita, berjalan tegak, namun tubuhnya [masih] tertutup rambut. Lucy adalah temuan penting dalam arkeologi, karena kerangkanya ditemukan secara utuh, lengkap.

Jadi, mana lebih dulu antara Nabi Adam dan manusia purba? Tergantung kita mau jawaban dari mana.

Jika merujuk pada kehidupan Nabi Adam, ia baru muncul ribuan tahun yang lalu (konon, linimasa dari kehidupan Nabi Adam sampai Nabi Muhammad sekitar 7.000 tahun).

Jika linimasa itu benar, kita bisa mengalkulasikannya dengan masa hidup Nabi Muhammad ke zaman kita (sekitar 1.500 tahun). Artinya, Nabi Adam baru muncul di Bumi sekitar 8.500 tahun yang lalu. Nabi Adam juga disebut punya usia yang mencapai 815 tahun. Luar biasa.

Bagaimana dengan manusia purba? Menurut sains, manusia purba sudah ada sejak sekitar 3 juta tahun yang lalu. Jika kita sepakati kenyataan ini, artinya manusia purba sudah ada duluan sebelum Nabi Adam. 

Terkait hal ini, Quraish Shihab punya jawaban yang bagus... dan “moderat”.

Quraish Shihab pernah menjelaskan, “Alquran menceritakan kejadian manusia. Namun juga diceritakan bahwa sebelum kejadian manusia (Nabi Adam), sudah ada makhluk-makhluk lain. Tapi tidak diterangkan apa makhluk-makhluk lain itu. Boleh jadi, makhluk-makhluk lain itu manusia purba."

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 6931121111185561621

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item