Dimanakah Sebenarnya Makam Jenghis Khan?

Ilustrasi/bbc.com
Makam Jenghis Khan, pendiri Kekaisaran Mongol pada abad ke-13, merupakan salah satu misteri terbesar dalam sejarah. Meskipun banyak usaha telah dilakukan untuk menemukan lokasi pasti makamnya, hingga saat ini makam Jenghis Khan masih belum ditemukan.

Jenghis Khan meninggal pada tahun 1227 di dekat Sungai Kherlen di Mongolia. Setelah kematiannya, jenazahnya dikebumikan dengan cara yang sangat rahasia. Menurut tradisi Mongol pada saat itu, lokasi makam seorang pemimpin harus dirahasiakan, agar tidak ada yang dapat menemukan dan mengganggu makam tersebut.

Ada beberapa teori tentang lokasi makam Jenghis Khan, tetapi tidak ada yang pasti. Salah satu teori menyatakan bahwa makamnya berada di bawah Danau Tengger di Mongolia, yang diyakini sebagai makam suci oleh orang-orang Mongolia. Namun, usaha untuk mengeksplorasi dan menggali danau untuk menemukan makamnya telah dilarang oleh pemerintah Mongolia.

Teori lain menyatakan bahwa makam Jenghis Khan berada di dekat Bukit Burkhan Khaldun, sebuah tempat suci di Mongolia yang dipercaya oleh orang-orang Mongolia sebagai tempat kelahiran dan pemakaman Jenghis Khan. Namun, pencarian di Bukit Burkhan Khaldun juga telah dibatasi oleh pemerintah Mongolia.

Beberapa ahli sejarah dan arkeolog berpendapat bahwa jika makam Jenghis Khan ditemukan, itu bisa menjadi situs arkeologi terpenting di dunia, karena makam tersebut diyakini mengandung harta karun dan artefak yang berharga.

Namun, keinginan untuk menemukan makam Jenghis Khan juga telah menimbulkan kekhawatiran bahwa pencarian tersebut dapat merusak lingkungan alam dan situs budaya Mongolia yang bersejarah.

Dalam beberapa dekade terakhir, upaya untuk menemukan makam Jenghis Khan telah berfokus pada pendekatan arkeologi dan ilmu forensik, dengan harapan dapat menemukan bukti-bukti yang dapat membantu menentukan lokasi pasti makamnya. Namun, meskipun ada beberapa petunjuk dan hipotesis tentang lokasi makam, hingga saat ini makam Jenghis Khan masih merupakan misteri yang belum terpecahkan.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 3975888399360314356

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item