Mengapa Ada Bahasa Inggris Britania dan Inggris Amerika?

Ilustrasi/dictio.id
Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang paling luas digunakan di dunia, dan terdapat variasi yang signifikan antara Bahasa Inggris Britania (British English) dan Bahasa Inggris Amerika (American English). Perbedaan ini muncul karena sejarah kolonialisme, migrasi, dan perkembangan budaya di dua negara tersebut.

Bahasa Inggris Britania memiliki akar sejarah yang panjang, dan berasal dari Inggris sebagai negara asalnya. Bahasa ini menjadi dasar bagi perkembangan bahasa Inggris di wilayah Kolonial Inggris, termasuk Amerika Utara. Pada abad ke-17 dan ke-18, imigrasi besar-besaran dari Inggris ke Amerika Utara membawa bahasa Inggris dan membentuk dasar Bahasa Inggris Amerika.

Perbedaan paling mencolok antara Bahasa Inggris Britania dan Amerika adalah dalam hal pelafalan dan kosakata. Pelafalan kata-kata tertentu dapat berbeda, misalnya "schedule" (dalam Bahasa Inggris Britania diucapkan dengan vokal panjang) atau "advertisement" (dalam Bahasa Inggris Amerika diucapkan dengan vokal pendek). 

Kosakata pun memiliki perbedaan, misalnya "lift" (Bahasa Inggris Britania) versus "elevator" (Bahasa Inggris Amerika) atau "flat" (Bahasa Inggris Britania) versus "apartment" (Bahasa Inggris Amerika).

Selain itu, tata bahasa dan ejaan juga dapat berbeda antara kedua varian. Misalnya, dalam Bahasa Inggris Britania, kata "colour" dieja dengan huruf "u" sedangkan dalam Bahasa Inggris Amerika, kata tersebut dieja sebagai "color". Penggunaan tanda baca juga dapat berbeda, seperti penggunaan tanda kutip ("") dalam Bahasa Inggris Amerika, yang berbeda dengan penggunaan tanda kutip ('') dalam Bahasa Inggris Britania.

Selain perbedaan dalam aspek linguistik, Bahasa Inggris Britania dan Amerika juga mencerminkan perbedaan budaya dan sejarah. Misalnya, istilah-istilah yang berkaitan dengan politik, pemerintahan, atau pendidikan dapat berbeda, karena sistem dan institusi yang berbeda di kedua negara tersebut. Selain itu, adanya perbedaan dalam tradisi, makanan, dan sejarah, juga berkontribusi pada variasi dalam penggunaan bahasa.

Perbedaan ini tidak berarti bahwa Bahasa Inggris Britania atau Amerika lebih baik atau lebih benar daripada yang lain. Keduanya merupakan varian yang sah dan memiliki nilai budaya dan historisnya sendiri. Selain itu, perkembangan teknologi dan globalisasi telah mempengaruhi kedua varian ini, dengan pengaruh saling mempengaruhi dan adopsi kosakata dan ekspresi dari satu varian ke varian lainnya.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 5420653995103041382

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item