Bagaimana Organ Kelamin Janin Terbentuk dalam Rahim?


Pada tahap perkembangan awal, seluruh janin memiliki struktur anatomis yang sama, termasuk sistem reproduksinya. Kemudian, sekitar enam minggu setelah pembuahan, perkembangan sistem reproduksi dimulai. Pada tahap ini, janin memiliki potensi untuk berkembang menjadi pria atau wanita.

Selama perkembangan sistem reproduksi janin, terjadi beberapa perubahan dalam struktur dan fungsi organ reproduksi. Pada minggu ke-7 hingga ke-12, mulai terbentuk kelenjar adrenal pada janin, yang dapat mempengaruhi pembentukan organ seksual. Kemudian, pada minggu ke-12 hingga ke-14, terjadi perbedaan yang signifikan antara janin laki-laki dan perempuan dalam pembentukan organ genital mereka.

Janin laki-laki dan perempuan mengalami perkembangan organ genital yang berbeda, sehingga pada akhirnya terbentuk penis pada laki-laki dan vagina pada perempuan.

Perkembangan organ genital janin dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal dan kelenjar kelamin. Pada laki-laki, hormon testosteron berperan dalam pembentukan penis dan skrotum. Pada perempuan, meskipun terdapat beberapa hormon yang terlibat dalam perkembangan organ genital, tidak ada hormon tertentu yang berperan langsung dalam pembentukan vagina.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 7965229805865803300

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item