Bagaimana Cerita Gedung Putih Amerika Terbakar?

Ilustrasi/grid.id
Gedung Putih Amerika Serikat pernah mengalami kebakaran pada 24 Agustus 1814, selama Perang 1812 antara Amerika Serikat dan Inggris. Kebakaran ini terjadi saat pasukan Inggris menyerbu Washington, D.C., ibu kota Amerika Serikat.

Saat itu, pasukan Inggris yang dipimpin oleh Jenderal Robert Ross dan Laksamana George Cockburn menyerbu Washington, D.C. dengan mudah, karena pasukan Amerika Serikat yang lemah. Presiden Amerika Serikat saat itu, James Madison, dan istri keduanya, Dolley Madison, telah meninggalkan Gedung Putih beberapa jam sebelumnya untuk menghindari serangan Inggris.

Setelah pasukan Inggris berhasil menguasai kota, mereka menuju Gedung Putih dan membakarnya. Ada beberapa cerita tentang bagaimana kebakaran terjadi, namun yang paling dikenal adalah bahwa pasukan Inggris menyalakan api di Gedung Putih dengan menggunakan kayu dan kain yang telah ditaruh di beberapa ruangan.

Seiring dengan Gedung Putih, beberapa gedung penting lainnya di Washington, D.C., seperti Gedung Capitol dan Gedung Perpustakaan Kongres Amerika Serikat, juga dibakar oleh pasukan Inggris. Ini merupakan bentuk balas dendam dari pasukan Inggris setelah Amerika Serikat membakar gedung-gedung penting di Toronto, Kanada.

Kebakaran di Gedung Putih jadi peristiwa yang memalukan bagi Amerika Serikat, dan mengguncang negara tersebut. Namun, setelah kejadian itu, Gedung Putih direnovasi dan dibangun kembali dengan dana dari Kongres Amerika Serikat. Kini, Gedung Putih tetap menjadi simbol kekuasaan Amerika Serikat, dan menjadi tempat tinggal resmi Presiden Amerika Serikat.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 1355174852482995144

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item