Bagaimana Asal Usul Mi Ayam yang Dikenal di Indonesia?

Ilustrasi/tokopedia.com
Mi ayam adalah hidangan mi yang populer di Indonesia. Hidangan ini biasanya terdiri dari mi kuning yang disajikan dengan daging ayam yang dipotong kecil, sayuran, dan bumbu khas seperti kecap manis, saus sambal, dan bawang goreng.

Asal usul mi ayam tidak diketahui secara pasti, namun diperkirakan hidangan ini berasal dari Cina, dan dibawa ke Indonesia oleh para imigran Cina yang menetap di sini pada abad ke-17. Mi sendiri merupakan makanan yang sudah dikenal di Cina sejak ribuan tahun yang lalu, dan telah menjadi bagian dari kebudayaan Cina.

Di Indonesia, hidangan mi ayam mulai dikenal pada era kolonial Belanda pada awal abad ke-20. Pada saat itu, hidangan ini hanya dikenal di kalangan elit dan orang Cina yang tinggal di Indonesia. Namun, pada 1960-an dan 1970-an, mi ayam mulai populer di kalangan masyarakat Indonesia, dan menjadi hidangan favorit di banyak warung makan dan restoran di seluruh Indonesia.

Ada beberapa versi mi ayam yang berbeda di Indonesia, tergantung pada daerahnya. Di Jawa, mi ayam biasanya disajikan dengan kuah ayam atau bakso. Sementara di Sumatera, mi ayam lebih sering disajikan dengan bumbu kari. Ada juga variasi mi ayam yang dijajakan di pinggir jalan atau di warung-warung kecil, biasanya disebut mi ayam kampung atau mi ayam pangsit.

Dalam pembuatan mi ayam, mi kuning biasanya dibuat dari campuran tepung terigu, air, dan telur. Adonan kemudian direbus sampai matang. Daging ayam yang dipotong kecil direbus/dimasak terlebih dulu, kemudian disajikan dengan mi dan bumbu-bumbu seperti kecap manis, saus sambal, dan bawang goreng. Beberapa tambahan seperti bakso, pangsit, sayuran, atau telur, juga bisa ditambahkan, tergantung selera dan jenis mi ayam yang diinginkan.

Meskipun mi ayam merupakan hidangan yang relatif sederhana, namun kelezatannya sudah dikenal di Indonesia, bahkan menjadi hidangan yang sangat dicintai oleh banyak orang. Hidangan ini bisa ditemukan di warung-warung kecil, restoran, bahkan di pusat perbelanjaan modern. 

Mi ayam juga populer di luar Indonesia, dan sudah banyak restoran yang menyajikan hidangan ini di negara-negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Makanan & Minuman 1217725582771916565

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item