Bagaimana Asal Usul Lemper yang Dikenal di Indonesia?

Ilustrasi/cookpad.com
Lemper adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang populer, terutama di Jawa dan Bali. Lemper terbuat dari ketan putih yang diisi daging ayam atau ikan yang telah dimasak dan dibumbui rempah-rempah. Makanan ini biasanya dihidangkan dalam bentuk silinder atau persegi panjang. Asal-usul lemper masih jadi perdebatan, namun ada beberapa teori yang dapat menjelaskan sejarah dan asal-usul makanan ini.

Teori pertama mengatakan bahwa lemper berasal dari makanan tradisional Tiongkok yang disebut “nian gao”. Nian gao adalah kue tradisional dari ketan yang juga diisi daging atau kacang merah. Ketan adalah makanan yang populer di wilayah Asia Timur dan Tenggara, termasuk Indonesia. Kemungkinan besar lemper diperkenalkan oleh pedagang Tionghoa yang datang ke Indonesia pada abad ke-19.

Teori kedua mengatakan bahwa lemper berasal dari makanan tradisional Bali yang disebut “tipat”. Tipat adalah makanan yang terbuat dari ketan, yang dicetak menjadi bentuk kotak, dan kemudian direbus. Setelah itu, tipat disajikan dengan kuah kari atau disantap dengan sate. Pada suatu masa, orang Bali mulai memasukkan bumbu dan daging ke dalam tipat, sehingga terciptalah lemper. Namun, teori ini masih jadi perdebatan, karena tidak ada bukti yang cukup mengenai asal-usul lemper dari Bali.

Teori ketiga mengatakan bahwa lemper berasal dari makanan tradisional Jawa Tengah yang disebut “lumpia ketan”. Lumpia ketan adalah makanan yang terbuat dari ketan yang dicampur gula merah, kelapa parut, dan kemudian digulung dan digoreng. Namun, ketan yang digunakan untuk lemper berbeda dari ketan yang digunakan untuk lumpia ketan. Selain itu, lumpia ketan juga tidak memiliki isian daging atau ikan seperti lemper.

Meskipun asal-usul lemper masih jadi perdebatan, namun tidak dapat disangkal bahwa makanan ini telah jadi bagian dari budaya makanan di Indonesia. Lemper dianggap sebagai makanan yang cocok untuk dihidangkan dalam acara-acara spesial seperti pernikahan, khitanan, atau acara keluarga besar. Selain itu, lemper juga mudah ditemukan di warung-warung makan dan pasar-pasar tradisional di seluruh Indonesia.

Proses pembuatan lemper cukup sederhana. Pertama-tama, beras ketan direndam selama beberapa jam, kemudian dikukus hingga matang. Selanjutnya, ketan yang telah matang dihaluskan dan dicampur dengan santan, garam, dan air. Adonan kemudian dibentuk menjadi bulat atau persegi panjang, dengan isian daging ayam atau ikan yang telah dimasak dan dibumbui rempah-rempah.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Makanan & Minuman 196504940485820776

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item