Bagaimana Asal Usul Batagor yang Dikenal di Indonesia?

Ilustrasi/cookpad.com
Batagor, atau singkatan dari bakwan tahu goreng, adalah makanan khas dari Bandung, Indonesia. Makanan ini terdiri dari adonan tahu dan digoreng hingga matang, kemudian disajikan dengan saus kacang dan kecap manis. Bagaimana asal usul makanan yang lezat ini?

Tidak ada catatan pasti mengenai siapa yang pertama kali menciptakan batagor, namun ada beberapa teori mengenai asal usul makanan ini. Salah satu teori mengatakan bahwa batagor pertama kali dibuat oleh seorang pedagang tahu dan bakso di daerah Pasar Baru, Bandung, pada 1970-an. 

Teori lain mengatakan bahwa batagor berasal dari pengaruh masakan Tionghoa yang dibawa oleh para imigran Tionghoa ke Indonesia, pada abad ke-18. Seperti yang diketahui, masakan Tionghoa dikenal dengan berbagai jenis bola-bola makanan yang biasa dimasak dengan cara direbus atau digoreng, seperti bola-bola ikan atau daging. Kemudian, ketika masakan Tionghoa diadaptasi oleh masyarakat Indonesia, muncullah variasi-variasi baru dari bola-bola makanan ini, termasuk batagor.

Namun, apa pun asal usulnya, batagor sudah jadi salah satu makanan khas dari Bandung yang paling terkenal. Banyak pedagang kaki lima di kota tersebut yang menjual batagor dengan berbagai variasi, seperti batagor isi telur, batagor bakso udang, dan lain-lain. Selain itu, batagor juga dianggap sebagai makanan yang mudah dan cepat disajikan, sehingga cocok untuk dijadikan alternatif camilan atau makanan ringan.

Meskipun batagor awalnya hanya dikenal di Bandung, namun saat ini telah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Banyak restoran atau pedagang makanan di Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, atau kota-kota lain, yang menyajikan batagor sebagai menu andalan. Bahkan, batagor telah jadi makanan yang sangat populer di kalangan wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia.

Dalam proses penyebarannya, batagor juga mengalami berbagai variasi dalam cara penyajian dan bahan-bahannya. Ada beberapa penjual yang menambahkan bahan seperti udang atau ikan ke dalam adonan batagor, sementara ada juga yang mengganti saus kacang dengan saus tomat atau sambal. Beberapa penjual juga menambahkan acar atau irisan mentimun ke dalam hidangan batagor untuk memberikan rasa segar dan seimbang pada hidangan yang gurih.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Makanan & Minuman 41954833730374018

Posting Komentar

  1. omong2 soal batagor
    batagor ini salah satu favorit di keluargaku
    istriku pernah cerita, dulu penjual batagor di sekolahnya (sekolah katolik), bisa naik haji gara2 jualan batagor
    untungnya gede, jualan aci dan tahu, tapi banyak yang beli
    tapi emang rahasia batagor ini di bumbu kacangnya sih
    semakin bumbu kacangnya enak, maka semakin laris

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasar pengalaman, selain bumbu kacangnya, hal penting yang menjadikan batagor enak adalah saat masih hangat. Batagor terlaris dan paling enak yang aku tahu adalah batagor Bandung (penjualnya asli Bandung), dan batagornya selalu masih panas/hangat, karena digoreng ketika ada yang beli. Harganya lebih mahal, tapi orang-orang tetap beli, karena enak. Anehnya, banyak penjual batagor lain yang gak meniru resep sukses itu.

      Hapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item