Apa yang Dimaksud Teori Konspirasi QAnon?

Ilustrasi/politico.com
"QAnon" adalah teori konspirasi yang mengklaim bahwa terdapat kelompok elit global yang memerintah dunia secara rahasia, dan terlibat dalam perdagangan anak dan ritual satanis. 

Teori konspirasi yang muncul di Amerika Serikat pada 2017 ini bermula dari unggahan anonim di forum online seperti 4chan dan 8chan, yang mengklaim bahwa seseorang yang dikenal sebagai "Q" memiliki akses ke informasi rahasia dan akan membongkar konspirasi tersebut.

Pendukung konspirasi ini menyebarkan klaim-klaim yang tidak terbukti, seperti klaim bahwa para politisi dan tokoh terkenal terlibat dalam perdagangan anak dan kejahatan satanis, dan bahwa Presiden Donald Trump sedang memimpin perlawanan terhadap kelompok elit tersebut. 

Teori konspirasi ini mempengaruhi sejumlah penggemar Trump, dan banyak di antara mereka mengenakan topi merah bertuliskan "Make America Great Again" dalam unjuk rasa, dan mempromosikan konspirasi tersebut di media sosial.

Konspirasi QAnon menimbulkan kekhawatiran, karena klaim-klaimnya yang tidak berdasar, dan menyebabkan ketakutan yang tidak perlu pada masyarakat. Beberapa pendukungnya bahkan melakukan tindakan kekerasan, seperti penyerangan terhadap kantor badan pemerintah, dan membawa senjata ke tempat-tempat umum.

QAnon merupakan contoh nyata dari bagaimana informasi palsu atau tidak terverifikasi di media sosial dapat memicu keresahan, dan bahkan membahayakan keamanan masyarakat. Karena itu, sangat penting bagi kita untuk selalu memverifikasi informasi sebelum menyebarkan atau mempercayainya.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 4960804753943616883

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item