Siapakah Garcia yang Sangat Dihormati di Meksiko?

Ilustrasi/historiadenacozari.org
Di Meksiko, ada banyak jalan bernama Garcia. Ada desa/kabupaten bernama Garcia. Ada monumen bernama Garcia. Bahkan ada hari libur nasional untuk menghormati Garcia. Siapakah Garcia?

Ada banyak Garcia di Meksiko, tapi Jesus Garcia mungkin yang paling terkenal sekaligus paling dihormati. Dia orang biasa yang dikenang sebagai pahlawan dari masa ke masa, hingga mirip legenda.

Jesus Garcia adalah seorang pekerja di jawatan kereta api, yang kantornya terletak di desa Nacozari di Sonora, Meksiko. Pada 7 November 1907, terjadi kebakaran di desa Nacozari di Sonora. Ketika kebakaran itu sedang terjadi, Jesus Garcia mengendus keberadaan mobil berisi dinamit yang sedang berhenti di sana.

Peristiwa kebakaran dan keberadaan mobil berisi dinamit mungkin dua hal yang berbeda. Kebetulan saja mobil itu sedang berhenti di desa Nacozari di Sonora, dan pemiliknya sedang minum di kedai yang ada di sana. Yang jelas, keberadaan mobil berisi dinamit itu bisa sangat berbahaya jika sampai tersentuh api kebakaran. Seluruh desa beserta isinya bisa berubah jadi neraka.

Menyadari kemungkinan mengerikan itu, Jesus Garcia nekat mengendarai mobil berisi dinamit tadi, dan membawanya menjauh dari desa. Sayang, dinamit itu meledak, dan menewaskan Jesus Garcia beserta 12 pekerja rel kereta api yang kebetulan ada di dekatnya. Ledakan itu terjadi ketika Garcia telah jauh membawa mobil dari pemukiman penduduk. 

Orang-orang menyadari, Jesus Garcia telah mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan seluruh penduduk desa. Karenanya, sebagai penghormatan untuknya, desa Nacozari di Sonora diubah namanya jadi Nacozari de Garcia. Di sana juga ada monumen untuk mengenang pengorbanan Jesus Garcia.

Belakangan, banyak jalan di Meksiko yang menggunakan namanya sebagai bentuk penghormatan. Bahkan, tanggal 7 November—waktu peristiwa heroik Jesus Gacia terjadi—kini diperingati sebagai hari libur nasional di Meksiko.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 6901414823302333686

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item