Siapa Penemu/Pencipta Gembok Pengunci Pintu?

Ilustrasi/disway.id
Gembok sudah digunakan sejak zaman kuno, dan tidak diketahui secara pasti siapa penemunya. Namun, yang pasti adalah bahwa gembok telah digunakan selama ribuan tahun untuk mengamankan barang-barang berharga atau untuk melindungi pintu-pintu.

Beberapa sejarawan mencatat bahwa gembok pertama kali muncul di Mesir Kuno pada sekitar 4000 tahun yang lalu, menggunakan teknologi penguncian sederhana seperti tali, atau tali kulit untuk mengikat pintu-pintu. Selama berabad-abad, gembok berkembang dan ditingkatkan, dengan bahan dan desain yang semakin rumit.

Pada Abad Pertengahan, gembok terbuat dari besi dengan bentuk yang lebih kompleks, dan mulai menggunakan mekanisme kunci yang lebih rumit. Gembok modern pertama diciptakan oleh seorang penemu asal Inggris, bernama Robert Barron, pada tahun 1778, yang menggabungkan penggunaan pegas dan per di dalam kunci, sehingga menghasilkan mekanisme penguncian yang lebih kuat dan lebih andal.

Sejak itu, gembok terus berkembang dan ditingkatkan dengan fitur-fitur tambahan seperti kombinasi, teknologi nirkabel, dan sensor biometrik untuk meningkatkan keamanannya. Sampai kini, gembok masih menjadi salah satu alat pengamanan paling umum yang digunakan di seluruh dunia.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Iptek 8510137300246704546

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item