Mengapa Orang Mengalami Call of the Void?

Ilustrasi/bullshido.net
Call of the void adalah pemikiran yang muncul tiba-tiba dalam benak seseorang untuk mencelakai diri sendiri. Misalnya tiba-tiba ingin menjatuhkan diri dari ketinggian, menabrakkan mobil yang dikendarai, dan semacamnya. 

Tapi orang yang mengalami call of the void tidak benar-benar melakukan apa yang dipikirkannya. Setidaknya, 50 persen orang yang mengalami call of the void tidak memiliki kecenderungan untuk mengakhiri hidup. Sehingga tidak selalu dihubungkan dengan tindakan bunuh diri.

Lalu mengapa orang mengalami call of the void?

Jennifer Hames, Assistant Clinical Professor at Department Psychology of Florida State University, menjelaskan bahwa call of the void adalah suatu pemikiran yang aneh untuk menghargai kehidupan. 

“Orang yang mengalami pemikiran seperti itu belum tentu ingin mengakhiri hidupnya,” ujar Jennifer Hames. “Sebaliknya, pemikiran tersebut mencerminkan adanya keinginan untuk hidup.”

Meski call of the void tidak muncul dari pikiran orang yang memang ingin mengakhiri hidupnya—atau mencelakai dirinya sendiri—studi menemukan bahwa orang yang mengalami call of the void setidaknya memiliki dua latar belakang yang bisa jadi merupakan penyebabnya.

Yang pertama adalah naluri bertahan hidup. Ketika berada di ketinggian, orang bisa saja berpikir untuk menjatuhkan dirinya ke bawah. Tapi karena adanya naluri bertahan hidup, pemikiran itu pun berhenti sampai di situ, dan dia tidak melakukan sesuatu yang dipikirkannya.

Yang kedua adalah kecemasan. Ketika seseorang mengalami kecemasan, ia kadang memikirkan sesuatu yang buruk, akibat kacaunya pikiran, hingga terpikir untuk melakukan hal-hal yang bersifat mencelekai diri sendiri. Namun biasanya pula, pemikiran itu hanya berhenti di situ.

Umumnya, call of the void hanya muncul sewaktu-waktu. Misalnya ketika sedang berada di ketinggian, dan semacamnya. Itu bukan pikiran yang sering muncul dalam banyak waktu atau di mana saja.

Karenanya, meski tidak sampai mendorong orang melakukan tindakan nekat atau bunuh diri, namun jika kamu mengalami call of the void dan merasa terganggu karenanya, kamu bisa menghubungi pihak berkompeten untuk mendapatkan bantuan.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 8951054018669060467

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item