Mengapa Eceng Gondok Hidup Mengambang di Air?

Ilustrasi/nanobubble.id
Eceng gondok (Eichhornia crassipes) hidup dengan mengambang di atas air, karena memiliki adaptasi khusus yang memungkinkannya untuk hidup di lingkungan air yang tenang atau mengalir dengan lambat. 

Ada beberapa alasan mengapa eceng gondok mampu hidup di atas air. Pertama, akar eceng gondok tidak berkembang dengan baik dalam tanah, sehingga tanaman ini membutuhkan air untuk mendapatkan nutrisi dan oksigen.

Kedua, batang eceng gondok yang lunak dan berisi udara memungkinkan tanaman ini mengapung di atas air.

Eceng gondok juga memiliki daun yang mampu menangkap cahaya matahari dengan efektif, sehingga tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di atas permukaan air yang terkena sinar matahari langsung.

Tanaman ini mampu tumbuh dan berkembang biak dengan cepat di air yang kaya nutrisi, seperti air limbah atau air yang kaya unsur hara dari sungai atau danau.

Dalam kondisi yang optimal, eceng gondok dapat tumbuh dengan sangat cepat dan menutupi seluruh permukaan air, sehingga dapat menyebabkan masalah pada ekosistem perairan, seperti menyebabkan penurunan kadar oksigen di air dan menghambat pertumbuhan tumbuhan air lainnya.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Flora 107407298581623865

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item