Mengapa Daun Tanaman Putri Malu Menutup Saat Disentuh?

Ilustrasi/pixabay.com
Tanaman putri malu (Mimosa pudica) memiliki kemampuan unik untuk menutup daunnya saat disentuh atau terganggu. Fenomena ini disebut "turgor response" atau "thigmonasty". Ada beberapa alasan mengapa tanaman putri malu menutup saat disentuh.

Pertama, mekanisme penutupan daun tanaman putri malu merupakan bentuk pertahanan diri yang melindungi tanaman dari predator atau pemangsa. Dalam lingkungan alami tanaman putri malu, daun yang tertutup dapat menyembunyikan dirinya dari pemakan daun atau herbivora yang akan memakan dan merusak tanaman. 

Saat daun tanaman putri malu tertutup, tanaman juga mengurangi luas permukaan daun yang terpapar cahaya dan panas yang berlebihan, sehingga membantu mengurangi penguapan air dan mempertahankan kelembapan dalam tanah.

Kedua, penutupan daun tanaman putri malu juga dapat membantu melindungi tanaman dari kondisi lingkungan yang ekstrem, seperti angin kencang atau hujan deras. Daun yang tertutup dapat meminimalkan kerusakan dan kerontokan daun akibat kerusakan fisik akibat cuaca yang ekstrem tersebut.

Ketiga, penutupan daun tanaman putri malu juga membantu mengurangi kemungkinan penyebaran patogen atau serangga. Dengan menutup daun saat tersentuh, tanaman putri malu mengurangi risiko penyebaran serangga atau patogen dari satu daun ke daun lainnya.

Mekanisme penutupan daun pada tanaman putri malu dipicu oleh rangsangan mekanis atau sentuhan. Ketika daun disentuh atau dirangsang, ada perubahan tekanan air yang terjadi di dalam sel-sel daun. Hal ini menyebabkan sel-sel yang terletak di bagian bawah daun melepaskan ion kalium dan proton, sehingga mengurangi tekanan osmotik dan menyebabkan turgor atau kekencangan pada sel-sel daun menurun. Akibatnya, daun jadi lemas dan tertutup.

Jadi, tanaman putri malu menutup saat disentuh sebagai bentuk pertahanan diri yang melindungi tanaman dari predator atau pemangsa, melindungi dari kondisi lingkungan yang ekstrem, serta mengurangi risiko penyebaran patogen atau serangga. Mekanisme penutupan daun pada tanaman putri malu dipicu oleh rangsangan mekanis atau sentuhan, dan terjadi karena adanya perubahan tekanan air di dalam sel-sel daun.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Flora 3734246494568740319

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item