Mengapa Air Liur Komodo Bisa Mematikan?

Ilustrasi/komodoshuttle.com
Gigitan komodo tergolong lemah. Karenanya, kadang-kadang ada mangsa yang mampu melepaskan diri dari gigitannya. Namun, anehnya, mangsa yang berhasil lolos dari gigitan komodo biasanya kemudian lumpuh tak berdaya, dan komodo pun bisa menemukannya kembali dengan mudah untuk kemudian memangsanya.

Berdasarkan penelitian, komodo memiliki air liur yang mengandung racun. 

Bryan Fry, peneliti racun di University of Melbourne, Australia, mempelajari susunan biokimia dalam air liur komodo, dan menemukan racun dalam air liur hewan itu bisa menurunkan tekanan darah dengan cepat, mempercepat hilangnya darah, dan membuat korban menjadi lumpuh hingga tak berdaya melawan. 

Para ilmuwan bahkan menemukan bahwa racun yang terkandung dalam air liur komodo serupa dengan racun yang dimiliki ular paling berbisa yang hidup di pedalaman Taipan, Australia.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Fauna 7167877970577221785

Posting Komentar

  1. FYI, berdasarkan info yang aku dapatkan terakhir, liur komodo tidak beracun. Namun, liurnya bisa menghambat darah mangsanya yang tergigit untuk membeku. Jadinya, ketika kena gigitan, mangsa akan pendarahan terus menerus. Aku tahu ini dari channel Alam Semenit.

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item