Apa Tanaman Hijau yang Anti-Air dan Mengambang di Air?

Ilustrasi/pikiran-rakyat.com
Tanaman yang hidup dengan mengambang di atas air, berwarna hijau, dan memiliki sifat anti-air, adalah kiambang (Salvinia molesta). Sebagian orang Jawa menyebutnya empon-empon.

Kiambang termasuk jenis tumbuhan air yang dapat hidup dengan cara mengapung di atas permukaan air, dan sering ditemukan di danau atau rawa-rawa. Kiambang memiliki daun berbentuk bulat dan tebal, yang dilindungi rambut-rambut kecil yang mampu menahan tetesan air. 

Karena itu, air yang jatuh di atas daun kiambang akan membentuk butiran-butiran air yang berbentuk bulat dan mudah terlepas. Sifat anti-air ini disebut juga efek "lotus", dan membantu kiambang untuk tetap mengambang di atas air, dan mencegah daunnya terlalu basah dan membusuk.

Namun, penting untuk diketahui bahwa kiambang termasuk spesies tumbuhan yang invasif, artinya dapat menyebabkan kerusakan pada ekosistem perairan tempat ia tumbuh. 

Kiambang dapat menutupi permukaan air dengan cepat, sehingga dapat menghambat pertumbuhan tanaman air lain dan mempengaruhi kualitas air. Karena itu, penting untuk mengontrol pertumbuhan kiambang agar tidak menimbulkan dampak negatif pada ekosistem perairan.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Flora 5981151469552882582

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item