Mengapa Bangau Suka Menjatuhkan Benda ke Air?

Ilustrasi/bobo.grid.id
Bangau, khususnya bangau hijau, punya kebiasaan unik, yaitu suka menjatuhkan benda kecil ke permukaan air. Benda yang mereka jatuhkan bisa remah-remah makanan, atau apa pun yang kecil. Kegiatan itu bukan tanpa alasan, karena dengan cara itulah bangau mencari mangsa.

Dengan menjatuhkan benda-benda kecil ke permukaan air, bangau berharap ada ikan yang tertipu dan mengira benda tersebut adalah makanan, lalu bangau dengan cepat akan menangkapnya.
 
Tidak semua jenis bangau menggunakan teknik ini dalam mencari mangsa, dan bangau hijau yang paling terkenal. Mereka bahkan diketahui melakukan percobaan dengan berbagai jenis umpan. Bangau hijau pernah terlihat mencuri roti, lalu menggunakannya untuk umpan yang ia jatuhkan ke permukaan air.

Sebagian ilmuwan percaya bahwa bangau hijau belajar teknik itu dari manusia. Namun sebagian ilmuwan lain berpendapat kalau mereka belajar sendiri dengan cara mengamati ikan-ikan kecil yang tampak mendekat untuk menyelidiki saat ada benda kecil atau hewan kecil jatuh ke air.

Saat bangau hijau menjatuhkan benda kecil ke permukaan air, ia mengincar ikan-ikan kecil. Tapi ikan-ikan itu tidak langsung dimakannya. Mereka menggunakan ikan kecil yang mereka dapatkan untuk memancing ikan yang lebih besar. Caranya sama; mereka mematikan ikan kecil itu, lalu menjatuhkannya ke permukaan air, dan berharap ikan yang lebih besar datang untuk mereka mangsa. 

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Fauna 5041869729373665771

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item