Mengapa Anglerfish Punya Antena di Kepalanya?

Ilustrasi/icalofish.com
Anglerfish adalah ikan yang hidup di laut dalam, bisa dibilang tak pernah terlihat di permukaan, namun menjadi ikan yang sangat terkenal. Pasalnya, penampilan ikan ini unik, yaitu memiliki antena di kepalanya, dan antena itu bisa memancarkan cahaya di kedalaman laut yang gelap.

Mengapa anglerfish punya antena di kepalanya? Sebenarnya, hanya anglerfish betina yang punya antena, sementara anglerfish jantan tidak memilikinya. Antena pada anglerfish sebenarnya duri yang tumbuh dari punggung, dan menonjol di atas mulut ikan. Posisi duri yang unik itu jadi menyerupai pancing. Kenyataannya, anglerfish memang menggunakan duri yang serupa pancing itu untuk memancing mangsa.

Pada ujung duri anglerfish terdapat organ seperti bola, berisi bakteri yang bercahaya, dan dapat menghasilkan cahaya biru-hijau seperti yang dihasilkan kunang-kunang. Ketika ikan atau vertebrata lain terpikat cahaya itu, anglerfish akan memangsanya, dengan cara menelan mangsa secara utuh.

Meski ukuran tubuhnya tidak terlalu besar, anglerfish memiliki perut dan tulang yang sangat fleksibel, yang memungkinkannya bisa memakan mangsa hingga dua kali ukuran tubuhnya.

Dengan cara memancing mangsa yang unik sekaligus kemampuan tubuhnya menelan mangsa, anglerfish menjadi predator paling mematikan dengan teknik paling memikat.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Fauna 9210960814477906720

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item