Mana Istilah yang Benar, Filsuf atau Filosof?

Ilustrasi/alif.id
Kata filsuf atau filosof sering digunakan secara bergantian untuk menggambarkan seseorang yang ahli dalam filsafat. Filsafat merupakan disiplin ilmu yang membahas berbagai pertanyaan fundamental tentang keberadaan manusia dan alam semesta. Namun, orang kadang masih bingung mengenai apa kata yang benar untuk menggambarkan ahli filsafat. Filsuf atau filosof?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istilah filsafat diartikan sebagai “pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenai hakikat segala yang ada, sebab, asal, dan hukumnya.” Sedangkan istilah filsuf atau filosof diartikan sebagai “ahli filsafat; ahli pikir” atau “orang yang berfilsafat.” 

Meski demikian, kata yang baku menurut KBBI adalah filsuf.

Penggunaan kata atau istilah “filsafat” sudah digunakan secara luas. Namun, penggunaan kata “filsuf” atau “filosof” masih menimbulkan kebingungan bagi sebagian orang. Beberapa kalangan menganggap bahwa kata filsuf lebih tepat karena kata tersebut lebih sesuai dengan asal-usul kata dalam bahasa Latin, yaitu "philosophus." Namun, di sisi lain, kata filosof sering digunakan dalam literatur filsafat klasik maupun modern, sehingga beberapa kalangan menganggap kata filosof juga pilihan yang sah.

Namun, jika mau merujuk pada kata baku yang digunakan KBBI, yang benar adalah filsuf.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Filsafat 7399071642224993049

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item