Apa Perbedaan Diffuser, Humidifier, dan Purifier?

Ilustrasi/kompas.com
Diffuser, humidifier, dan purifier, sering digunakan di banyak rumah, dan bisa jadi sebagian kita mengira ketiganya sama. Tapi sebenarnya tiga hal itu berbeda. Jadi, apa perbedaannya?

Diffuser adalah peranti untuk menyegarkan ruangan. Karenanya, diffuser menggunakan minyak esensial atau minyak aromaterapi, dan uap lembut dari minyak yang dikeluarkan diffuser akan memberikan aroma ringan pada ruangan tempatnya berada.

Manfaat diffuser tergantung pada minyak aromaterapi yang digunakan. Umumnya, minyak aromaterapi bermanfaat untuk menenangkan pikiran, hingga membantu tidur lebih nyenyak. 

Uap halus yang dikeluarkan diffuser juga dapat diserap oleh kulit, dan memberikan efek relaksasi. Karenanya, diffuser baik untuk orang yang memiliki kulit kering. Uap dingin dari diffuser juga membantu pernapasan lebih mudah, sehingga dapat mengurangi dengkuran.

Kemudian, humidifier adalah peranti untuk meningkatkan kelembapan udara, dan membantu mengatasi udara kering yang dapat mempengaruhi hidung, mulut, dan tenggorokan. Karenanya, humidifier tidak dibuat untuk digunakan dengan minyak esensial sebagaimana diffuser, karena minyak dapat merusak bagian dalam pelembap udara yang ada pada humidifier.

Sekadar catatan, kita harus hati-hati saat menempatkan humidifier di rumah. Sebaiknya, hindari meletakkan humidifier di atas perabot kayu.

Terakhir, purifier, adalah peranti untuk membersihkan udara, yang bermanfaat menghilangkan polutan dan mikroorganisme lain dari udara. Dengan bantuan purifier, udara di dalam rumah akan lebih bersih, dan itu membantu menghilangkan iritasi seperti bulu, alergen, debu, jamur, asap rokok, dan bau.

Pembersih udara atau purifier biasanya menggunakan filter udara partikulat efisiensi tinggi (HEPA). Ini adalah jenis filter yang memurnikan udara dengan menjebak partikel. Filter HEPA menghilangkan sekitar 99,9% partikel debu dan kotoran dari udara.

Purifier membantu mereka yang menderita asma, alergi, atau kondisi pernapasan lain yang diperburuk oleh partikel udara. 

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 2020006774032639108

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item