Apakah Semua Lintah Mengisap Darah?

Ilustrasi/detik.com
Lintah adalah cacing tersegmentasi yang berhubungan dengan cacing tanah biasa. Tidak semua lintah mengisap darah sebagaimana yang dikira banyak orang, namun memang lintah pengisap darah yang paling sering kita lihat, juga yang paling mengganggu.

Sanguivorous, atau lintah pengisap darah, adalah salah satu spesies lintah. Lintah jenis ini biasa ditemukan di perairan yang tenang, juga di darat. 

Ketika menunggu mangsa yang akan diisap darahnya, lintah ini biasanya akan menunggu di tanah, berdiam diri sambil merasakan getaran dan pergerakan di sekitarnya, atau mendeteksi perubahan pola cahaya. Ketika merasakan kehadiran mangsa potensial, mereka pun akan menempel pada tubuh si korban.

Setelah berhasil menempel, mereka akan menggunakan bagian pengisap di mulutnya untuk mengiris kulit si korban, lalu mereka akan mensekresikan sejenis lendir untuk menjaga mereka tetep menempel pada tubuh korban. 

Kemudian, setelah mengisap cukup darah, mereka akan meregangkan tubuhnya untuk mencegah pembekuan darah, juga agar darah yang diisapnya mudah dicerna.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Fauna 312595947132017340

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item