Mengapa Zodiak Sagitarius Dilambangkan Centaurus?

Ilustrasi/pixabay.com
Sagitarius adalah zodiak untuk orang yang lahir pada 22 November sampai 21 Desember. Zodiak ini dilambangkan Centaur atau Centaurus, sosok makhluk berbadan kuda, namun memiliki kepala dan tangan manusia. Mengapa zodiak Sagitarius dilambangkan Centaurus?

Sosok Centaurus yang menjadi lambang zodiak Sagitarius adalah tokoh mitologi bernama Chiron, yang merupakan seorang Centaur terkenal. Dia anak Poseidon, sekaligus murid Apollo dan Artemis. Chiron juga berteman dengan tokoh-tokoh mitologi terkenal lain, seperti Hercules dan Achilles.

Suatu ketika, Chiron dan Hercules berpetualang bersama, dan mereka terlibat peperangan. Sebuah anak panah beracun menuju ke arah Hercules, dan dia berhasil menghindar. Namun, anak panah beracun itu mengenai kaki Chiron.

Chiron, yang memiliki karunia keabadian, tidak tewas akibat panah beracun itu, namun harus menanggung kesakitan luar biasa. Melihat itu, Hercules berjanji untuk membantu Chrion, dan mereka lalu berkelana menuju tempat Prometheus, yang waktu itu tengah ada dalam kurungan.

Prometheus dapat menyembuhkan kaki Chiron yang sakit akibat panah beracun. Ia bersedia menghilangkan kesakitan Chiron. Namun, sebagai gantinya, Chiron harus menggantikan Prometheus dalam kurungan, agar Prometheus bisa kembali menikmati kebebasan. Chiron bersedia, dan ia pun masuk ke dalam kurungan Prometheus.

Zeus menyaksikan peristiwa itu, dan ia lalu mengizinkan Chiron untuk memberikan keabadian miliknya kepada Prometheus, lalu Zeus menempatkan Chiron di rasi bintang sebagai zodiak Sagitarius. Karena itulah, zodiak Sagitarius dilambangkan sesosok Centaurus, bernama Chiron.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Mitologi 5148902892226284530

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item