Bagaimana Kaki Seribu Mengendalikan Kaki-kakinya?

Ilustrasi/virenial.com
Kaki seribu adalah hewan dari subfilum Myriapoda dan berkaki sangat banyak, meski jumlahnya tidak sampai seribu. Namun, terlepas apakah jumlah kakinya mencapai seribu atau tidak, yang jelas kaki seribu memiliki jumlah kaki yang sangat banyak, dari depan hingga belakang tubuhnya. 

Kita yang hanya memiliki dua kaki mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara hewan kaki seribu mengendalikan atau mengoordinasikan kaki-kakinya yang sangat banyak itu?

Meski mungkin terlihat rumit, karena harus mengendalikan banyak kaki sekaligus saat berjalan, namun rangka tubuh hewan Myriapoda—seperti kaki seribu—sebenarnya cukup sederhana. Ada kepala dengan otak di dalamnya, dan sisanya adalah tubuh. Ya, kaki seribu juga punya otak, meski ukurannya tentu sangat kecil.

Myriapoda seperti kaki seribu adalah hewan metamerik, yaitu hewan yang terdiri atas banyak segmen, dengan tiap segmen tubuh hampir identik. Karena segmen-segmen di tubuhnya hampir identik, kaki seribu juga tidak membutuhkan kemampuan yang tinggi untuk dapat mengendalikan tubuh serta kaki-kakinya yang banyak. Kuncinya hanya ritme.

Sistem persarafan hewan Myriapoda memiliki dua komponen utama, yaitu otak di kepala dan susunan ganglion yang merentang ke seluruh segmen tubuh sampai paling belakang. Di bagian depan, di kepala, otak bertugas memproses informasi yang diterima dari lingkungan sekitar (bau, cahaya, dan sebagainya) melalui antena, misalnya. Kemudian, otak akan memerintahkan pergerakan melalui ganglion.

Impuls yang bergerak dari otak ke ganglion itu bergerak dari depan ke belakang, dengan perintah “bergerak” diterjemahkan sebagai gerakan kaki yang teratur dan berkesinambungan. Dan, hanya dengan cara itulah hewan kaki seribu mengendalikan serta menggerakkan kaki-kakinya yang banyak.

Kita bisa membuktikan hal ini dengan cara memperhatikan saat kaki seribu sedang berjalan. Kita akan mndapati bahwa kaki-kaki hewan ini tidak bergerak sendiri-sendiri, tapi saling berkesinambungan.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Fauna 7513207138966385845

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item