Apa Fungsi Tanduk Panjang yang Dimiliki Paus Narwhal?

Ilustrasi/pixabay.com
Paus Narwhal (Monodon monoceros) adalah hewan yang unik, karena kepalanya dihiasi tanduk panjang. Karena itu pula, hewan ini kerap dijuluki unicorn laut. Paus Narwhal bisa ditemukan di perairan Arktik sekitar Kanada.

Tanduk pada paus Narwhal dapat tumbuh sepanjang 2 sampai 3 meter. Sebenarnya, tanduk itu adalah perpanjangan dari gigi yang tumbuh ke atas, dan menembus dahi. Yang unik, gigi yang memanjang itu lunak di bagian luar, namun semakin keras di bagian dalam.

Lalu apa fungsi gigi yang memanjang atau tanduk pada paus Narwhal?

Para peneliti menemukan bahwa tanduk panjang yang dimiliki paus Narwhal memungkinkan hewan itu melihat melalui ekolokasi (sonar). Selain itu, tanduk tersebut juga dapat merasakan perubahan tingkat kadar garam dan kualitas air.

Selain paus Narwhal, ada hewan lain yang memiliki ciri unik berupa gigi yang tumbuh memanjang hingga menembus kepala mereka, yaitu babirusa (Babyrousa celebensis). Hewan endemik Sulawesi ini juga tampak memiliki cula atau tanduk yang sebenarnya merupakan gigi taring yang tumbuh memanjang dan menembus tengkorak mereka. Tanduk itu digunakan sebagai pertahanan diri.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Fauna 966789399078993332

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item