Mengapa Pemadam Kebakaran Memecahkan Jendela Mobil?

Ilustrasi/pixabay.com
Ketika terjadi kebakaran di suatu tempat, pemadam kebakaran akan datang untuk memadamkan api yang berkobar. Mereka datang dengan mobil pemadam kebakaran, beserta selang-selang besar untuk menyemprotkan air. Dalam hal itu, para petugas pemadam kebakaran akan menggunakan pipa-pipa hidran yang tersedia di berbagai tempat.

Di berbagai lokasi, biasanya terdapat pipa hidran yang berdiri di pinggir jalan. Fungsi pipa-pipa itu untuk memudahkan petugas pemadam kebakaran, jika sewaktu-waktu butuh air untuk memadamkan kebakaran.

Yang mungkin tampak aneh, petugas pemadam kebakaran kadang terlihat memecahkan kaca jendela mobil yang kebetulan parkir di dekat pipa hidran. Setelah kaca jendela pecah, petugas akan memasukkan selang melewati mobil tersebut untuk mencapai pipa hidran di samping mobil.

Kenapa petugas pemadam kebakaran harus memecahkan kaca jendela mobil hanya untuk mendekatkan selang ke pipa hidran? Bukankah bisa dengan meneroboskannya lewat bawah mobil atau melewatkan pipa di atas mobil, misalnya? Kenapa harus memecahkan kaca jendela mobil?

Sering kali, petugas pemadam kebakaran memang tidak sampai memecahkan kaca jendela mobil hanya untuk menancapkan selang ke pipa hidran. Namun, memang ada kalanya hal itu perlu dilakukan. Karenanya, mereka terpaksa memecahkan kaca jendela mobil, demi bisa melekatkan pipa dengan hidran air.

Selang pemadam kebakaran mengalirkan sekitar 3.875 liter air per menit, jika pipa dalam kondisi lurus. Namun, setiap kali pipa harus berbelok atau tertekuk, debit air yang mengalir akan menurun. Hal itu tentu berpengaruh pada upaya pemadaman kebakaran yang sedang terjadi, dan keselamatan para petugas pemadam kebakaran juga bisa menjadi taruhan.

Karenanya, kadang-kadang petugas pemadam kebakaran terpaksa memecahkan kaca jendela mobil, karena pipa hidran sama tinggi dengan jendela mobil. Jika kebakaran yang harus dipadamkan relatif besar, langkah itu perlu dilakukan, demi menjaga debit air yang bisa dialirkan selang benar-benar maksimal, dan pipa tidak tertekuk.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 5553561617744679665

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item