Mengapa Orang Modern Tak Bisa Membangun Piramida Besar?

Ilustrasi/pixabay.com
Banyak orang percaya bahwa manusia zaman sekarang tidak bisa membangun hal-hal menakjubkan seperti orang-orang zaman dulu. Misalnya, yang paling terkenal, Piramida Besar atau yang juga disebut Piramida Giza. Banyak yang bertanya-tanya, mengapa orang zaman dulu bisa membangun piramida raksasa sebesar Piramida Giza, tapi orang modern malah tidak bisa?

Untuk menjawab pertanyaan itu, mari lihat dan pertimbangkan ilustrasi berikut.

Tiongkok membangun sebuah bendungan raksasa, bernama Bendungan Tiga Ngarai, yang konstruksinya dimulai pada 1994. Saat selesai dibangun pada 2009, bendungan ini menjadi bendungan hidroelektrik terbesar di dunia. Bendungan ini dibangun dengan sekitar 27 juta meter kubik beton. Itu adalah sepuluh kali volume yang dibutuhkan untuk membangun Piramida Besar di Giza. 

Selain ukurannya yang luar biasa besar, Bendungan Tiga Ngarai juga merupakan struktur yang sangat kompleks, jauh lebih rumit dibanding bangunan piramida. Bendungan ini memiliki ruang internal untuk peralatan pembangkit listrik dan saluran untuk air, juga memiliki bentuk yang direkayasa dengan hati-hati. Misalnya, dinding bendungan yang semakin tebal di sisi saluran air, karena harus menahan tekanan air yang sangat besar. Bandingkan itu dengan struktur piramida—termasuk Piramida Giza—yang hanya berdiri dengan berat badannya sendiri.

Bagi para insinyur yang membangun Bendungan Tiga Ngarai, membangun piramida—bahkan sebesar Piramida Giza—jauh lebih mudah. 

Jadi tidak benar jika orang modern tidak bisa membangun piramida sebesar Piramida Giza. Faktanya, orang-orang modern telah membangun berbagai struktur yang jauh lebih kompleks, dengan standar teknik yang lebih rumit, dan telah melakukannya dari waktu ke waktu.

Tapi kalau orang modern bisa membangun struktur seperti Piramida Giza, kenapa sekarang tidak membangunnya? 

Jawabannya sederhana; buat apa? 

Orang Mesir kuno membangun piramida, karena butuh memiliki bangunan untuk memuliakan raja mereka. Kalau orang modern membangun piramida, bangunan itu hanya akan jadi tumpukan batu tak berguna.

Bagi orang modern, jauh lebih baik membuat bangunan lain yang lebih bermanfaat, semisal gedung untuk tempat tinggal atau perkantoran. Seperti Burj Khalifa, misalnya. 

Omong-omong soal Burj Khalifa, gedung pencakar langit itu memiliki tinggi 828 meter, lima kali lebih tinggi dari Piramida Giza yang “cuma” 139 meter. Dan Burj Khalifa jelas memiliki struktur bangunan yang jauh lebih rumit dibanding struktur piramida.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 6965324205974645437

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item