Mengapa Bayi Komodo Memanjat Pohon Setelah Menetas?

Ilustrasi/wowkeren.com
Setelah menetas dari cangkang telurnya, bayi komodo akan berusaha menjauh dari induknya. Setelah cukup kuat, biasanya antara 2 sampai 3 hari setelah menetas, bayi komodo akan segera memanjat pohon. Bayi-bayi komodo melakukan hal itu—dari menjauhi induk sampai memanjat pohon—secara insting.

Mengapa bayi komodo harus memanjat pohon setelah lahir? Jawabannya mengerikan, yakni karena komodo dewasa adalah induk paling jahat di dunia binatang.

Komodo-komodo dewasa membutuhkan banyak makanan. Jika mereka tidak menemukan makanan, mereka akan menganggap bayi-bayi komodo sebagai mangsa mereka. Hal itu juga terjadi pada induk yang melahirkan bayi-bayi komodo tersebut. Jika si induk merasa lapar namun cukup lelah untuk mencari makanan, induk komodo akan memangsa dan memakan anak-anaknya sendiri.

Di dunia hewan, ada banyak induk yang jahat pada anaknya sendiri. Misalnya langsung menelantarkan atau meninggalkan anak-anaknya setelah dilahirkan. Namun komodo lebih jahat dari itu. Mereka tidak sekadar meninggalkan anak-anaknya, tapi memangsa dan memakan anak-anaknya sendiri.

Lalu kenapa bayi-bayi komodo harus melarikan diri dengan cara naik pohon? Jawabannya sederhana, karena komodo dewasa tidak bisa naik pohon, akibat kelebihan berat badan!

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Fauna 488877128685369357

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item