Jika Landak dan Ular Bertarung, Siapa yang Menang?

Ilustrasi/pixabay.com
Dengan asumsi kedua hewan itu memiliki ukuran tubuh seimbang, siapa yang akan menang jika keduanya bertarung?

Viper adalah salah satu jenis ular yang mematikan. Tetapi, percaya atau tidak, landak bisa membunuh seekor ular viper dengan cukup mudah. 

Mungkin agak sulit membayangkan ular bisa kalah saat bertarung dengan hewan lambat seperti landak. Tapi landak memiliki sesuatu yang tidak dimiliki ular, atau bahkan hewan-hewan lain. Yaitu tameng duri.

Sekujur tubuh landak ditumbuhi duri, dan duri-duri itu sangat ditakuti ular. Hewan-hewan lain, atau bahkan manusia, mungkin bisa digigit atau dibelit ular dengan mudah, tapi ular kesulitan untuk membelit landak.

Di alam liar, ketika ular menyerang, landak akan menjatuhkan tubuhnya, dan duri-duri yang tajam akan menusuk tubuh ular, hingga terluka parah. Ketika ular sudah lemah, landak akan menggigit leher ular berkali-kali, dan gigitan terakhir akan meremukkan tulang belakang ular.

Berdasarkan penelitian, landak bisa menoleransi dosis racun arsenik, yang jika dicobakan pada manusia dapat membunuh 25 orang. Karenanya, bisa (racun) ular dapat dibilang tidak mempan jika digunakan untuk menyerang landak.

Meski begitu, landak juga punya kelemahan. Moncong landak adalah bagian terlemah pada tubuhnya. Karenanya, jika ular tahu kenyataan itu, dan menyerang bagian moncong, bisa jadi landak akan kalah.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Fauna 4988882752896060571

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item