Hewan Apa yang Memiliki Gigitan Terkuat di Dunia?

Ilustrasi/kompas.com
Salah satu mekanisme pertahanan diri hewan ada pada giginya. Dengan gigitan yang kuat, hewan bisa melawan predator, mengunyah makanan, atau menempati posisi predator. Kenyataannya, ada hewan-hewan yang memiliki gigitan sangat kuat, dan tiga hewan yang menempati peringkat teratas berasal dari famili Crocodilia. 

Buaya nil (Crocodylus niloticus) yang banyak hidup di benua Afrika, adalah hewan yang terkenal memiliki gigitan sangat kuat. Gigitan hewan ini mencapai 5.000 psi.

Aligator Amerika (Alligator mississippiens) juga terkenal sebagai hewan dengan gigitan sangat kuat, dengan kekuatan gigitan mencapai 2.980 psi. Hewan buas ini banyak hidup di bagian selatan Amerika Serikat.

Selain buaya nil dan aligator Amerika, ada pula buaya muara atau buaya air asin (Crocodylus porosus). Seperti dua lainnya, hewan ini juga sangat berbahaya, karena memiliki gigitan sangat kuat, mencapai 2.125 psi. Buaya ini terdapat di Asia Tenggara dan kepulauan sekitarnya hingga Australia.

Hewan-hewan dari famili Crocodilia memiliki gigitan sangat kuat, karena anatomi mereka. Ruang yang tersedia untuk otot rahang mereka cukup besar, hingga bisa terlihat dari luar sebagai tonjolan yang ada di belakang mata mereka. Otot ini cukup kaku, hampir sekeras tulang kalau disentuh. Hal itu menjadikan gigitan mereka sangat kuat.

Meski begitu, otot pembuka rahang mereka cukup lemah. Karena itu, kita mungkin sering melihat pawang buaya menduduki bagian belakang leher mereka, lalu mengikat rahang mereka dengan tali atau plester.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Fauna 5561457625207976817

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item