Apa Saja Hewan yang Memiliki Banyak Kaki?

Ilustrasi/orami.co.id
Rata-rata hewan memiliki dua atau empat kaki, namun ada pula hewan-hewan yang memiliki banyak kaki, yang jumlahnya bisa puluhan sampai ratusan. Kebanyakan hewan yang memiliki banyak kaki berasal dari subfilum Myriapoda.

Myriapoda adalah hewan-hewan Arthropoda (hewan berbuku/beruas) yang mempunyai banyak segmen tubuh dan banyak kaki (lebih dari 10). Myriapoda dibagi menjadi empat kelas, yaitu Chilopoda, Diplopoda, Pauropoda, dan Symphyla.

Pertama, Chilopoda, adalah kelompok hewan yang sebagian besarnya merupakan karnivora yang berburu secara aktif, dan memiliki rahang bercapit yang berbisa. Ciri tubuh mereka adalah berbentuk pipih, dan dalam satu segmen tubuh hanya terdapat satu pasang kaki. Contoh hewan dalam kelompok ini adalah lipan/kelabang (centipede). 

Kedua, Diplopoda, adalah kelompok hewan yang sebagian besarnya merupakan hewan herbivora atau detritivor (pengurai), dan memiliki rahang pengunyah. Ciri tubuh mereka biasanya cenderung membulat, dan dalam satu segmen tubuh terdapat dua pasang kaki. Contoh hewan yang masuk dalam kelompok ini adalah luwing/kaki seribu (millipede). Kaki luwing lebih banyak dibandingkan kaki kelabang.

Ketiga, Pauropoda, adalah kelompok hewan yang berukuran sangat kecil, cuma beberapa milimeter, dan hidup di dalam tanah, serta cenderung menghindari cahaya. Mereka adalah hewan detritivor atau pengurai, yang memakan tumbuhan busuk, akar, dan jamur. Ciri tubuh mereka hanya terdiri dari beberapa belas segmen, dengan tiap segmen terdapat sepasang kaki.

Keempat, Symphyla, yaitu kelompok hewan sangat kecil, dengan ukuran beberapa milimeter sampai beberapa centimeter, dan mirip Pauropoda. Mereka memakan akar tanaman, dan kadang bisa menjadi hama. Morfologi tubuh mereka mirip kelabang, namun penglihatannya bisa dibilang tidak berfungsi. Selain itu, mereka juga tidak berbisa.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Fauna 2701249837951112023

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item