Negara Mana yang Memiliki Piramida Terbanyak di Dunia?

Ilustrasi/keepingtimes.id
Mesir terkenal sebagai negara yang memiliki banyak piramida, bahkan piramida telah jadi semacam idenitas bagi Mesir. Meski begitu, negara yang memiliki piramida terbanyak bukan Mesir, melainkan Sudan.

Sudan adalah negara dengan piramida terbanyak di dunia. Negara di Afrika Utara ini memiliki sekitar 200-255 piramida, jauh lebih banyak dari piramida di Mesir yang hanya sekitar 136 piramida.

Apakah piramida di Sudan dibangun orang-orang Mesir yang berkelana? Tidak, piramida di Sudan dibangun oleh orang-orang Kerajaan Kush, peradaban kuno yang menguasai pinggiran Sungai Nil sekitar tahun 1070 SM sampai 350 Masehi. Area dengan piramida terbanyak di Sudan terletak di kota kuno Meroe, Nubia (kini Sudan Tengah).

Orang Sudan mulai membangun piramida, sekitar 500 tahun setelah orang Mesir berhenti membuat piramida. Meski begitu, bangunan itu sama-sama ditujukan untuk memakamkan para keturunan raja dan para bangsawan yang wafat. Piramida pertama yang dibangun di Sudan bernama Piramida Nubia.

Piramida Mesir dan piramida Sudan memiliki perbedaan dalam kemiringannya. Piramida di Sudan punya kemiringan lebih curam dan sempit, juga lebih pendek, sekitar 6-30 meter. Sementara piramida Mesir punya tinggi sekitar 138 meter. Meskipun beberapa di antaranya hancur karena pencarian harta karun oleh orang Italia, piramida di Sudan masih dapat disaksikan.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 4964241845049253346

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item