Mengapa Elizabeth II Menjadi Ratu Kerajaan Inggris?

Ilustrasi/detik.com
Elizabeth Alexandra Mary, yang populer disebut Ratu Elizabeth II, adalah Ratu Kerajaan Inggris selama 70 tahun, sampai kemudian wafat pada Kamis, 8 September 2022, di Kastil Balmoral, Skotlandia. Ratu Elizabeth II meninggal pada usia 96 tahun, dan kabar kematiannya disampaikan pihak Istana Buckingham.

Mengapa dan bagaimana Elizabeth II menjadi Ratu Inggris?

Lahir pada 21 April 1926, di London, Elizabeth adalah putri pasangan Pangeran Albert, Duke of York (Raja George VI), dan Elizabeth Bowes-Lyon. Sebagai anak pertama, Elizabeth memiliki saudara perempuan, Margaret, yang berusia empat tahun lebih muda darinya. Mereka dididik di rumah, dengan pengawasan ibu dan pengasuh mereka.

Pada waktu Elizabeth lahir, kakeknya, yaitu George V, menduduki tahta sebagai Raja Inggris. Kemudian, pada 1936, putra pertama George V, yang juga merupakan paman Elizabeth, diangkat menjadi pemimpin Inggris, dan bergelar Raja Edward VIII.

Belakangan, Raja Edward VIII harus turun dari tahtanya karena menikahi wanita asal Amerika, bernama Wallis Simpson. Ia lebih memilih cintanya, daripada kekuasaannya sebagai Raja.

Karena Raja Edward VIII turun tahta, secara otomatis Pangeran Albert (ayah Elizabeth) naik menggantikannya sebagai Raja Inggris, dan bergelar Raja George VI. Ia dimahkotai pada 1937, dan menggunakan nama George untuk menekankan kesinambungan dengan ayahnya. Pada waktu itu, Elizabeth masih berusia 10 tahun.

Pada 20 November 1947, Elizabeth menikah dengan Philip Mountbatten, yang merupakan sepupu jauhnya, di Westminster Abbey, London. Dari pernikahan itu, mereka mendapat 4 anak, tiga laki-laki dan satu perempuan.

Putra pertama pasangan Elizabeth dan Philip adalah Charles, yang lahir pada 1948. Anak kedua, Anne, lahir pada 1950. Sementara dua anak lainnya, Andrew dan Edward, masing-masing lahir pada 1960 dan 1964.

Pada 1952, Raja George VI, ayah Elizabeth, meninggal dunia. Waktu itu Elizabeth berusia 25 tahun. Kematian ayahnya menyebabkan Elizabeth naik tahta menjadi Ratu, dan bergelar Elizabeth II.

Ratu Elizabeth II terbilang masih muda ketika dimahkotai sebagai Ratu Inggris pada 2 Juni 1953. Penobatannya sebagai Ratu Inggris dilakukan di Westminster Abbey.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 8291324482790545655

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item