Mengapa Ada Bangku Sangat Tinggi di Pinggir Jalan Denmark?

Ilustrasi/dreamstime.com
Kopenhagen, ibu kota Denmark, adalah kota yang indah. Jika kita berjalan-jalan di sana, kita akan mendapati bangku-bangku yang terbuat dari besi menghiasi pinggir-pinggir jalan—layaknya kota indah lain di dunia. Tapi ada yang aneh di sana, yaitu keberadaan bangku yang sangat tinggi.

Bangku-bangku yang umum, ukurannya pas untuk tempat duduk kita. Saat lelah ketika jalan-jalan, kita bisa langsung duduk di bangku. Tidak ada yang aneh. Tapi ada bangku yang sangat tinggi, ukurannya empat kali lebih tinggi dari bangku-bangku standar, sehingga kita tidak mungkin bisa duduk di bangku itu dengan mudah, bahkan umpama kita memiliki badan sangat tinggi sekalipun.

Jadi, untuk apa bangku sangat tinggi itu, dan kenapa dipasang di jalanan Kopenhagen?

Sebagai ibu kota, Kopenhagen memiliki kisah yang mirip dengan Jakarta. Kota itu berbatasan dengan laut, dan merupakan daratan yang rendah. Beberapa bagian dari Kopenhagen bahkan hanya sedikit di atas permukaan laut, sehingga sangat rentan untuk tenggelam ketika permukaan air laut naik.

Jika pemanasan global saat ini tidak juga tertangani dengan baik, diperkirakan permukaan air laut akan naik hingga 1 meter lebih pada 2100. Kopenhagen, sama seperti Jakarta, dipastikan akan tenggelam—air laut akan membanjiri seisi kota.

Menyadari bahwa Kopenhagen akan menjadi kota yang sangat terdampak akibat naiknya permukaan air laut, sebuah stasiun televisi di sana—bernama TV2—membuat bangku tinggi tadi, dan memasangnya di pinggir jalan Kopenhagen, yang pasti akan menarik perhatian siapa pun. Mereka menyebutnya “bangku masa depan”.

Bangku tinggi itu seolah berkata pada siapa pun yang melihatnya, “Jika pemanasan global tidak ditangani dengan baik, dan jika permukaan air laut benar-benar naik ke daratan, bangku ini akan menjadi satu-satunya tempat yang bisa digunakan untuk duduk.”

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 8689175375242436029

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item