Mengapa Peran Terrence Howard di Iron Man Diganti Don Cheadle?

Ilustrasi/screengeek.net
Masih ingat film Iron Man I, yang tayang pada 2008 silam? Film itu sangat sukses, dan menjadi pembuka franchise MCU yang belakangan juga sangat sukses, dengan 23 film yang meraih lebih dari 22,5 miliar dolar.

Dalam Iron Man I, James ‘Rodey’ Rhodes, teman Tony Stark yang belakangan jadi War Machine, diperankan oleh Terrence Howard. Tapi ketika masuk Iron Man II dan seterusnya—termasuk dalam kisah-kisah MCU/Avenger—peran itu digantikan oleh Don Cheadle. Mengapa?

Jawabannya mungkin sederhana; uang!

Ketika film Iron Man pertama dibuat, Terrence Howard adalah aktor pertama yang dikasting, dan dia mendapat bayaran 3,5 juta dolar. Itu bayaran yang sangat besar, mengingat Robert Downey Jr, yang memerankan Tony Stark dan jadi tokoh utama dalam Iron Man, hanya dibayar 500 ribu dolar. Tapi wajar, karena pada waktu itu Howard adalah bintang yang lebih terkenal dibanding Downey Jr. Bahkan, Howard pula yang merekomendasikan Downey Jr untuk dikasting sebagai Tony Stark.

Ketika kemudian Iron Man I mencapai sukses besar, sekuel film itu pun langsung direncanakan. Robert Downey Jr terbukti sangat bagus memerankan Tony Stark, dan dia ditawari bayaran 10 juta dolar untuk sekuel filmnya—naik berkali-kali lipat dari bayaran awal. Sementara Terrence Howard hanya ditawari 1 juta dolar untuk berperan di sekuel film Iron Man, dengan alasan perannya akan dikurangi untuk memberi ruang lebih banyak bagi Tony Stark.

Mendapati bayarannya diturunkan dari bayaran di film pertama, Howard menolak mentah-mentah. Apalagi, menurutnya, dia dijanjikan bayaran 8 juta dolar jika sekuel Iron Man dibuat.

Ribut soal jumlah bayaran untuk peran Howard itu tidak mencapai titik temu, hingga akhirnya peran War Machine ditawarkan kepada Don Cheadle. Belakangan, sejak Iron Man II dan film-film MCU berikutnya, Don Cheadle terus memerankan sosok James Rhodes.

Bagaimana tanggapan Terrence Howard setelah peran yang semula miliknya diberikan kepada orang lain? Tentu saja dia jengkel. Dia bahkan menyatakan, seharusnya Robert Downey Jr “membalas jasanya” yang dulu meyakinkan studio untuk mengkasting dirinya sebagai Tony Stark. Belakangan, ketika seri MCU sangat sukses, Howard mengatakan bahwa ia merasa dirugikan 100 juta dolar. 

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Entertainment 3414671440314157914

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item