Benarkah Rompi Antipeluru Dapat Menahan Tembakan?

Ilustrasi/cnnindonesia.com
Kalau menyaksikan film-film action, kita pasti sering menyaksikan polisi atau para jagoan mengenakan jaket atau rompi antipeluru, dan mereka bisa selamat dari banyak tembakan. Mereka mungkin terjatuh saat tertembak, tapi tidak sampai tewas, karena rompi antipeluru yang mereka kenakan menyelamatkan mereka dari tembakan. Bahkan ketika mereka tertembak senapan mesin!

Benarkah jaket atau rompi antipeluru memang sehebat itu dalam menahan tembakan senjata api?

Jaket atau rompi antipeluru memang dapat menahan tembakan, tapi hanya mampu menghadapi satu atau dua peluru dari pistol. Jika senjata mesin menembaknya, rompi atau jaket itu akan hancur.

Rompi antipeluru sebenarnya sangat berat—tidak tampak seringan seperti yang kita saksikan di film-film—dan beratnya bisa mencapai 10-16 kg. Karenanya, polisi di dunia nyata justru jarang memakainya, karena beban rompi itu akan mempengaruhi gerak mereka. 

Lebih lanjut, rompi antipeluru hanya dapat efektif pada tembakan dari jarak lebih dari 14 meter. Jika seseorang ditembak lebih dekat dari itu, meski ia memakai rompi antipeluru, tembakan kemungkinan tetap akan menembus.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 4251375858989113868

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item