Apakah Velociraptor Memang Seperti yang Digambarkan Film?

Ilustrasi/greelane.com
Velociraptor menarik perhatian banyak orang setelah muncul dalam film Jurassic World. Dalam film, hewan-hewan kuno itu digambarkan sebagai dinosaurus kecil pemakan daging, cerdas sekaligus buas, dan bekerja dalam kelompok. Apakah Velociraptor yang asli memang seperti itu?

Mari lihat lebih detail gambaran Velociraptor dalam film Jurassic World.

Dalam film, Velociraptor memiliki ukuran cukup besar, dengan panjang sekitar 3 meter, tinggi sekitar 1,5 meter, dan bobotnya mungkin sekitar 70/100 kilogram. Ukuran itu masih tergolong kecil jika dibandingkan kebanyakan dinosaurus lain, yang juga muncul dalam film.

Velociraptor digambarkan memiliki gigi tajam, cakar melengkung di lengan, dan cakar di kaki yang salah satunya berbentuk sabit mengerikan. Velociraptor juga digambarkan memiliki inteligensi tinggi, hingga bisa membuka pintu, memanjat pintu yang terkunci ke arah luar, sampai dilatih untuk melakukan operasi militer, bahkan mengenal konsep kesetiaan.

Sekarang, mari lihat sosok Velociraptor yang asli, sebagaimana yang direkonstruksi dari fosil-fosil yang telah ditemukan.

Velociraptor yang asli jauh berbeda dengan yang digambarkan di film. Berdasarkan fosilnya, Velociraptor yang asli memiliki tengkorak yang lebih sempit dan panjang dibanding versi film. 

Tubuh Velociraptor yang asli juga tertutup bulu seperti burung, dan perawakannya lebih langsing dibanding versi film. Ekor Velociraptor asli juga tidak selentur yang ada di film, karena ekor itu tersusun dari ruas tulang belakang yang menyatu dan diperkuat tendon, sehingga cukup kaku. Ekor kaku itu berperan sebagai penyeimbang saat Velociraptor berlari cepat.

Kemudian, ukuran Velociraptor yang asli hanya sepanjang 2 meter, dan tingginya kurang dari semeter. Jurassic World mungkin sengaja memperbesar ukurannya agar terlihat lebih menakutkan. 

Selain itu, Jurassic World juga menggunakan anatomi dan morfologi dari dinosaurus yang masih sekelompok dengan Velociraptor, yaitu Deinonychus. 

Jadi, dinosaurus yang kita lihat di Jurassic World itu pada dasarnya adalah dinosaurus dengan ukuran Achillobator, anatominya Deinonychus, dan namanya Velociraptor.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Fauna 6092223798256215786

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item