Apa Benar Makam Raja Mesir Kuno Penuh Jebakan Mematikan?

Ilustrasi/pixabay.com
Raja-raja di zaman Mesir kuno banyak yang dimakamkan bersama harta kekayaan mereka, meliputi perhiasan emas, benda-benda perak, sampai mumi hewan peliharaan, dan lain-lain. Benda-benda berharga itu ikut dimakamkan bersama Raja Mesir, dengan maksud agar Sang Raja “membawa bekal” ketika sampai di alam akhirat.

Belakangan, karena keberadaan benda-benda berharga tersebut, makam raja-raja Mesir kuno kerap menjadi sasaran penjarahan di zaman modern. Kisah tentang ini jadi populer setelah berkali-kali diangkat dalam film Hollywood.

Dalam film-film yang kita tonton, kita menyaksikan makam-makam Raja Mesir yang penuh benda berharga kerap dilengkapi jebakan-jebakan maut yang membuat para penjarah makam harus mengadu keberanian, bahkan mengadu nyawa. Ada jebakan berupa panah beracun, perangkap yang membuat orang tersedot ke semacam pasir isap, dan lain-lain.

Apakah benar makam-makam Raja Mesir kuno dilengkapi jebakan mematikan semacam itu?

Arkeolog yang meneliti piramida dan makam raja-raja Mesir sejauh ini tidak pernah menemukan adanya jebakan semacam itu. Di masa lalu, orang-orang Mesir kuno hanya berusaha menyembunyikan pintu masuk ke makam, sebagai antisipasi jika ada yang mencoba mendobrak masuk ke makam, namun upaya itu tampaknya tidak efektif di zaman modern.

Begitu pun dengan kabar yang menyebut bahwa makam-makam Raja Mesir kuno mengandung kutukan. Menurut arkeolog, itu hanyalah mitos yang sebenarnya tak lebih dari peringatan semacam “Dilarang Masuk”.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 2148142065689087447

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item