Siapa yang Punya Ide Membangun Piramida di Mesir Kuno?

Ilustrasi/thoughtco.com
Peradaban Mesir kuno meninggalkan warisan abadi yang mampu bertahan ribuan tahun, dalam bentuk piramida. Setidaknya ada seratusan piramida yang dibangun di zaman Mesir kuno, yang diyakini para sejarawan sebagai tempat memakamkan para raja atau para firaun.

Lalu siapa orang yang pertama kali punya ide atau yang menggagas dibangunnya piramida pada zaman Mesir kuno?

Jawabannya Imhotep. Dia hidup di zaman Firaun Djoser, yang menjadi penguasa dinasti ketiga di Mesir. Imhotep juga Kepala Arsitek Firaun Djoser, dan dialah yang merancang piramida bertingkat pertama di Saqqara, yang menjadi piramida pertama yang dibangun bangsa Mesir kuno. Selain arsitek andal, Imhotep juga berstatus pejabat tinggi kerajaan, pendeta, dan dokter. Orang Mesir kuno sangat menghormati Imhotep, bahkan menganggapnya sebagai dewa.

Menurut para ahli zaman modern, membangun sebuah piramida bukan sekadar urusan mengangkat material berat lalu menyusunnya. Sisi-sisi miring Piramida Giza, misalnya, masing-masing memiliki kemiringan yang sama, yaitu 52 derajat. Ketepatan dalam proses pembangunan piramida ini menunjukkan bahwa para juru tulis era Mesir kuno adalah para ahli matematika yang sangat terampil.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 1606268412513744221

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item