Mengapa Pegawai Kantor Suka Memakai Kartu ID Kemana-mana?

Ilustrasi/tjetak.com
Ketika makan siang di suatu restoran, kita mungkin pernah mendapati beberapa pegawai dengan seragam sama, dan mereka tampak mengalungkan kartu identitas (ID card) di lehernya. Saat melihat itu, kita pun berpikir kalau mereka adalah para pegawai kantor yang melengkapi para pekerjanya dengan kartu identitas.

Pertanyaannya, kenapa para pegawai itu terus mengenakan kartu identitasnya, padahal berada di luar tempat kerja? Ketika masuk restoran untuk makan siang, misalnya, mereka tetap mengenakan kartu identitas itu. Bahkan ketika masuk swalayan pun, misal pas jam istirahat kerja, mereka tetap memakai kartu identitas. Apa alasannya?

Alasannya sederhana, karena memang begitulah mereka!

Para pegawai itu bekerja di kantor yang mewajibkan penggunaan kartu identitas. Saat masuk kantor, mereka harus menunjukkan kartu itu, pertama pada satpam yang menjaga di bagian depan. Di kantor tempat mereka bekerja bahkan biasanya—dan hampir bisa dipastikan—ada alat untuk memindai kartu identitas tersebut, yang memastikan bahwa orang bersangkutan memang pegawai di sana. Di sebagian kantor, bahkan untuk masuk ke ruangan-ruangan tertentu juga mewajibkan pemindaian kartu.

Artinya, kartu identitas itu sangat penting bagi mereka. Kantor tempat mereka bekerja juga mewajibkan agar para pegawai selalu membawa kartu identitas. 

Lalu mengapa mereka masih mengenakan kartu identitas itu ketika berada di luar kantor? Sederhana saja, karena kebiasaan, dan karena mereka tidak ingin menghadapi masalah gara-gara kehilangan kartu identitas. 

Kenapa tidak dikantongi? Kenapa harus dikantongi, yang justru sedikit merepotkan, kalau mereka bisa mengalungkannya dengan mudah di leher?

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 9161867915983541839

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item