Mengapa Napoleon Bonaparte Disebut Kopral Kecil?

Ilustrasi/history.com
Napoleon Bonaparte adalah tokoh Prancis yang terkenal dalam sejarah. Selain terkenal dalam kemampuannya menaklukkan banyak daerah jajahan, Napoleon juga terkenal dengan sebutan ‘Le Petit Caporal’ alias ‘Kopral Kecil’. Julukan itu bahkan abadi sampai sekarang, dan merujuk pada badannya yang disebut pendek, atau di bawah rata-rata.

Enam tahun sebelum meninggal, Napoleon menghabiskan hidupnya di pengasingan, di Pulau Saint Helena di Samudera Atlantik, sekitar 2.000 kilometer jaraknya dari pesisir barat Afrika. Sampai akhir hayatnya pada 5 Mei 1821, ia ditemani François Carlo Antommarchi, dokter berkebangsaan Prancis.

Terlepas dari hal itu, berapakah sebenarnya tinggi badan Napoleon, sampai ia dijuluki Kopral Kecil karena badannya dinilai pendek?

Saat Napoleon wafat, Dokter Antommarchi memberi pernyataan dalam surat autopsi, bahwa tinggi Napoleon adalah 5 kaki 2 inci. Dalam ukuran internasional, itu sama dengan sekitar 157 cm. Ukuran itu memang terhitung pendek, khususnya jika menggunakan standar orang Prancis.

Tetapi, Jean-Nicolas Corvisart, dokter utama Napoleon sejak 1804 hingga pengasingannya pada 1815, menyatakan, tinggi Napoleon yang disebut 5 kaki 2 inci itu berdasarkan unit pengukuran Prancis, yang sama dengan sekitar 5 kaki 6 inci dalam ukuran Inggris. Artinya, tinggi badan Napoleon lebih dari 170 cm. Sementara saat itu tinggi rata-rata pria di Prancis adalah 165 cm. Jika merujuk pada keterangan ini, ukuran badan Napoleon tergolong jangkung.

Lalu apa yang membuat Napoleon selama ini dianggap pendek? Salah satunya adalah fakta bahwa para pengawalnya memiliki tubuh tinggi besar, sesuai syarat yang ditetapkan bagi pengawal kerajaan pada masa itu. Napoleon pun terlihat pendek di antara para pengawalnya. 

Jadi, ke mana pun ia pergi, orang melihatnya sebagai ‘Kopral Kecil’, karena ia tampak lebih pendek di antara orang-orang di sekelilingnya. Mitos ini juga diduga diciptakan sebagai propaganda dari para musuhnya, untuk mengecilkan Napoleon. 

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 2728179035209416677

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item