Benarkah Ada Pisang Berwarna Biru?

Ilustrasi/popupnews.com
Selama ini kita mengenal pisang dengan, setidaknya, dua warna berbeda. Yang pertama adalah kuning, dan yang kedua adalah hijau. Tapi belakangan muncul pisang warna lain yang aneh, yaitu biru muda. Pisang berwarna biru itu disebut blue java banana atau pisang jawa biru.

Benarkah ada pisang berwarna biru?

Pisang berwarna biru memang benar-benar ada, dan merupakan hasil persilangan dari pisang unggulan, Musa balbisiana dan Musa acuminata. Berbeda dengan jenis pisang yang selama ini kita kenal, yang bisa tumbuh di hampir semua tempat, pisang biru hanya dapat bertahan hidup di iklim dingin hingga minus 7 derajat Celsius. Karenanya, pisang biru tergolong langka, khususnya jika dibandingkan pisang jenis lain.

Sejak 1920-an, pisang biru banyak dibudidayakan di Hawaii, beberapa bagian Asia Tenggara, dan Amerika Tengah. Spesies pisang ini disebut dengan nama hawaiian banana di Fiji, krie di Filipina, dan cenizo di beberapa bagian Amerika Tengah.

Apakah rasanya seperti pisang jenis lain? Pisang biru disebut memiliki rasa seperti vanila. Dan sama seperti pisang jenis lain, pisang biru juga memiliki nutrisi yang bermanfaat, seperti serat, mangan, vitamin C, dan B6. Pisang biru juga mengandung sejumlah zat besi, fosfor, tiamin, dan selenium.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Makanan & Minuman 950817501700212592

Posting Komentar

  1. aku beneran baru tahu ada pisang itu

    tapi sekedar jokes, di Madura, pisang biru sudah dikenal sejak dulu

    tahu alasannya kenapa? karena orang Madura, menyebut dengan "biru" untuk warna hijau :D

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item