Kota-Kota Mana yang Terbesar di Cina?

Kota-Kota Mana yang Terbesar di Cina?
Ilustrasi/escape.com.au
Cina adalah negara ajaib, karena memiliki pertumbuhan luar biasa pesat, mengungguli negara-negara lainnya, bahkan disebut memiliki perkembangan tercepat di dunia. Dalam bidang ekonomi saja, Amerika sampai takjub campur khawatir melihat pertumbuhan ekonomi Cina yang melesat dengan cepat. 

Pertumbuhan ekonomi yang terjadi di Cina juga menunjang pertumbuhan dalam bidang lain, termasuk militer. Karenanya, Cina digadang-gadang menjadi negara adidaya berikutnya di masa depan.

Kemampuan Cina untuk tumbuh dan berkembang sangat pesat tentu tak bisa dilepaskan dari populasi yang ada di sana. Sebagai negara, Cina adalah negara dengan  populasi terbesar di dunia, dan jumlah penduduk yang amat banyak itu seperti mesin raksasa yang menggerakkan banyak hal, dari hulu sampai hilir, dari pedesaan sampai pusat kota.

Kota-kota besar yang saat ini ada di Cina, 30 tahun yang lalu hanya berupa desa-desa kecil. Tetapi, dalam waktu 30 tahun itu, tempat-tempat yang semula desa kecil bisa berubah menjadi kota-kota besar dan metropolitan, dengan gedung-gedung pencakar langit, infrastruktur modern, sampai pusat-pusat perbelajaan mewah. 

Seiring dengan itu, kota-kota tersebut juga menghias diri dengan aneka hiburan, atraksi, dan banyak hal lain yang menarik para wisatawan berdatangan ke sana.

Saat ini, Cina memang masih memiliki desa-desa, meski kota-kota di sana juga terus tumbuh membesar. Terkait kota di Cina, berikut ini adalah kota-kota terbesar di Cina, yang memiliki populasi di atas 7 juta orang.

Shanghai

Shanghai terletak di delta Sungai Yangtze, dan merupakan kota terbesar sekaligus terbaik di Cina. Sebagai pusat perdagangan, Shanghai memiliki pelabuhan terbesar dan tersibuk. Di sana juga ada kawasan bisnis besar, dua bandara besar—Pudong dan Honggiao—hingga kereta api tercepat di dunia bernama Maglev yang melaju dalam jaringan jalan yang luas.

Beijing

Beijing terletak di dekat Teluk Bohai, barat laut Cina, dan dihuni sekitar 19 juta orang. Di Cina, Beijing adalah kota utama, karena menjadi ibu kota. Karenanya pula, Beijing menjadi pusat politik dan pemerintahan, selain juga pusat industri dan kebudayaan, serta ilmu pengetahuan dan lainnya. 

Di Beijing terdapat bandara yang besar dan terkenal, juga dilengkapi kereta api bawah tanah.

Guangzhou

Guangzhou adalah kota yang terletak di delta Pearl River, dengan populasi mencapai 11 juta orang. Guangzhou merupakan pusat industri besar di Cina. Kota ini memproduksi aneka pakaian, elektronik, barang-barang plastik, mainan anak-anak, dan lain-lain. Barang-barang produksi dari Guangzhou dikapalkan ke berbagai tempat di dunia.

Hong Kong

Hong Kong terletak di tenggara Cina, dan dikenal sebagai salah satu “macan Asia” dalam bidang ekonomi, dan memiliki populasi mencapai 7 juta jiwa. Hong Kong juga memiliki standar hidup seperti kota-kota besar di negara-negara Eropa yang memiliki populasi lebih tinggi. 

Di antara kota-kota lain di Cina, Hong Kong bisa dibilang paling maju, juga dengan biaya hidup paling tinggi.

Industri utama di Hong Kong adalah sektor layanan jasa, termasuk keuangan, komunikasi, dan investasi asing. Kota ini memiliki pelabuhan terbesar ketiga di dunia, dan mengirim banyak barang ke kota-kota lain di Cina.

Tianjin

Tianjin terletak di Teluk Bohai, timur laut Cina, dengan jumlah penduduk mencapai 11 juta orang. Tianjin merupakan kota industri sekaligus pelabuhan besar di Teluk Bohai. 

Kota ini bahkan memiliki keterikatan historis dengan Grand Canal, terhubung dengan Sungai Yangtze dan Sungai Kuning, serta mampu menampung lebih dari 10 juta kontainer per tahun. Tianjin juga menjadi gerbang kapal ke Beijing, yang hanya berjarak 70 kilometer ke arah barat laut.

Shenzen

Shenzen adalah kota industri yang tak pernah tidur, terus sibuk, siang maupun malam. Kota ini terletak di antara Kota Guangzhou dan Hong Kong. Saat ini, Shenzen menjadi kota keempat terbesar di Cina dalam urusan industri. Kota ini menghasilkan produk-produk teknologi yang bahkan lebih tinggi dibanding Guangzhou.

Dongguan

Dongguan mungkin tidak terlalu terkenal, tetapi kota ini memiliki pengaruh besar dalam urusan ekspor di Cina. Terletak di antara Kota Guangzhou dan Shenzen, Dongguan menjadi kota yang memiliki pertumbuhan sangat cepat dalam beberapa dekade terakhir. Kota ini menghasilkan produk-produk elektronik dan perangkat untuk perlengkapan komputer.

Taipei

Taipei digadang-gadang menjadi “macan Asia” berikutnya setelah Hong Kong, karena menjadi kota yang berkembang sangat fenomenal. Kota ini terletak di tenggara Cina, dan memiliki populasi mencapai 8 juta jiwa. Industri utamanya adalah tekstil dan elektronik.
 
Chengdu

Chengdu terletak di Cina tengah, tepatnya di Sichuan Basin, dan dihuni oleh 7 juta jiwa. Chengdu merupakan kota yang berdekatan dengan daerah pegunungan, sehingga menjadi kota paling tenang di antara kota-kota besar lain di Cina. Meski begitu, Chengdu juga menjadi kota industri di Cina, dan memiliki peran dalam bidang perekonomian di sana.

Hangzhou
 
Hangzhou terletak di delta Sungai Yangtze, Cina Tengah, dan dihuni oleh 7 juta jiwa. Hangzhou juga menjadi kota yang berprospek memiliki pendapatan tertinggi per kapita di Cina. Kota ini memiliki peran dalam banyak industri, meliputi permesinan, tekstil, hingga teknologi informasi. Infrastruktur di Hangzhou juga terkenal hebat sekaligus rapi.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 2703745577776664324

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item