Mengapa Muncul Banyak Ingus di Hidung Saat Terkena Flu?

Mengapa Muncul Banyak Ingus di Hidung Saat Terkena Flu?
Ilustrasi/kompas.com
Saat tubuh kita mengalami kedinginan atau terserang flu, saat itu pula lendir atau ingus akan mulai mengalir di hidung. Karenanya, kita pun biasanya bisa menandai kapan terserang flu, yaitu ketika banyak ingus terkumpul di hidung, hingga terasa mengganggu, dan kita mengeluarkannya secara sengaja.

Peningkatan produksi ingus adalah salah satu cara tubuh merespons flu dan alergi. Hal ini terjadi karena lendir dapat bertindak sebagai pertahanan terhadap infeksi, dan alat untuk membersihkan tubuh dari sesuatu yang menyebabkan peradangan.

Saat tubuh terserang flu, hidung dan sinus akan lebih rentan terhadap infeksi bakteri. Virus flu dapat memicu tubuh untuk melepaskan histamin, zat kimia yang mengobarkan selaput hidung, dan menyebabkan hidung menghasilkan lebih banyak lendir.

Lendir atau ingus yang lebih kental dapat menyebabkan bakteri lebih sulit untuk menetap di lapisan hidung. Pilek juga merupakan cara tubuh kita mengeluarkan bakteri dan bahan lain yang tidak dibutuhkan dari hidung dan sinus.

Reaksi alergi terhadap debu, serbuk sari, jamur, bulu hewan, atau ratusan alergen lain, juga dapat menyebabkan selaput hidung meradang dan menghasilkan lendir yang berlebih. Hal yang sama berlaku untuk iritan nonalergenik yang masuk ke hidung atau sinus.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 34279744969930654

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item