Apa Manfaat Lendir atau Ingus yang Diproduksi Tubuh?

 Apa Manfaat Lendir atau Ingus yang Diproduksi Tubuh? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/pikiran-rakyat.com
Tubuh kita memproduksi lendir setiap saat, dan biasanya paling terasa di bagian hidung. Kenyataannya, hidung dan tenggorokan manusia dilapisi kelenjar yang bisa menghasilkan 1 sampai 2 liter lendir setiap hari. Mungkin lendir dan ingus terdengar menjijikan, tapi kita sebenarnya menelan lendir itu sepanjang hari tanpa sadar.

Apa manfaat lendir atau ingus yang diproduksi tubuh? Lendir hidung bertugas menjaga lapisan hidung dan sinus agar tetap lembap, serta menjebak debu dan partikel lain dari udara yang dihirup. Selain itu, lendir atau ingus juga bertugas melawan infeksi, juga membantu melembapkan udara yang dihirup sehingga membuat kita lebih mudah bernapas.

Meski diproduksi setiap hari, lendir pada tubuh kita memiliki konsistensi yang bisa berubah-ubah. Umumnya, lendir sangat encer. Namun, ketika selaput lendir meradang, lendir akan menebal. Inilah yang akan menyebabkan lendir menjadi ingus hidung, yang biasanya kita kelurkan secara sengaja, karena terasa mengganggu.

Beberapa kondisi kesehatan yang bisa menyebabkan peradangan selaput hidung antara lain infeksi, alergi, iritan, dan rinitis vasomotor.

Dalam kondisi tubuh yang sehat, lendir akan berwarna bening atau transparan. Namun, ketika tubuh terinfeksi penyakit, warnanya bisa berubah jadi kuning atau hijau. Namun ini bukan hal yang mutlak, dan kita harus memastikannya ke dokter.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 3355465642419429985

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item