Kota Mana yang Memiliki UMR Terbesar di Dunia?

Kota Mana yang Memiliki UMR Terbesar di Dunia? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/nusatrip.com
UMR (Upah Minimum Regional) adalah patokan besaran gaji minimum yang harus dibayarkan perusahaan kepada para karyawan, tergantung di mana perusahaan berada. Karena UMR masing-masing kota, meski dalam satu negara, berbeda-beda. Karenanya, penetapan UMR biasanya tergantung pada biaya hidup rata-rata suatu daerah.

Saat ini, istilah UMR sebenarnya sudah digantikan oleh UMK (Upah Minimum Kota/Kabupaten) dan UMP (Upah Minimum Provinsi). Di Indonesia, kota yang memiliki UMK terbesar adalah Karawang, yang mencapai Rp4.594.000 per bulan.

Meski terbesar di Indonesia, UMK Karawang masih kalah jauh jika dibandingkan dengan UMK Jenewa. 

Jenewa, kota di Swiss dengan 500 ribu penduduk, menjadi kota dengan UMR/UMK tertinggi di dunia. Berdasarkan ketetapan baru, orang-orang Jenewa akan menerima £3,500 atau Rp 67 jutaan per bulan. 

Karenanya, para pekerja di sana—yang gajinya berpatokan pada UMK—rata-rata mendapatkan £41,430 atau sekitar Rp 793 juta per tahun. Saat ini, Jenewa menjadi kota dengan UMR/UMK terbesar di dunia.

Meski UMK sangat tinggi, biaya hidup di Jenewa juga sama tinggi. Kota itu bahkan menempati peringkat kedua sebagai kota termahal di dunia. Karenanya, meski para pekerja di Jenewa mendapatkan bayaran atau gaji besar, pengeluaran hidup mereka juga sama besar.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 5338850615045333129

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item